Upaya Pemeliharaan Jalan Kabupaten Melalui Unit Reaksi Cepat Bina Marga (URC BIMA) Dalam Mewujudkan Responsivitas Pemerintah Daerah Di Kabupaten Gresik

DILLA SEVTIANA

Abstract


Pemeliharaan jalan merupakan upaya untuk pencegahan, perawatan dan perbaikan yang diperlukan untuk memepertahankan kondisi jalan agar tetap optimal. Untuk melakukan pemeliharaan, diperlukan adanya sebuah unit yang dapat bekerja sepanjang tahun seperti Unit Reaksi Cepat Bina Marga (URC BIMA) yang didirikan oleh Bupati Gresik bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum. Tujuannya adalah agar dapat melaksanakan tugas secara cepat dan tepat sesuai dengan perkembangan kondisi kerusakan jalan.
Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis upaya pelaksanaan pemeliharaan jalan kabupaten melalui URC BIMA dalam mewujudkan responsivitas pemerintah daerah di kabupaten Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Adapun narasumber dari penelitian ini adalah kepala seksi bidang pemeliharaan jalan dan bina manfaat jalan dan jembatan, camat/pegawai kecamatan di kecamatan Menganti, Wringin Anom, Balong panggang dan Kedamean. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menjelaskan bagaimana upaya pemeliharaan jalan kabupaten melalui URC BIMA dalam mewujudkan responsivitas pemerintah daerah. Secara umum, upaya pemeliharaan yang dilakukan sudah cukup bagus dan responsive dalam menanggapi segala bentuk keluhan. Akan tetapi, penanganan yang cepat ini tidak diimbangi dengan tersedianya material dan peralatan yang selalu tercukupi sehingga penanganan jalan yang normalnya 1x24 jam bisa menjadi lebih. Harapan dari kelanjutan unit ini adalah terciptanya sebuah sistem kerja yang jelas sehingga pemeliharaan jalan dapat terus bekelanjutan.
Kata kunci : pemeliharaan, URC BIMA, responsivitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.