EFEKTIVITAS PENILAIAN PRESTASI KERJA PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL) DI KANTOR REGIONAL II BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA SURABAYA

YULIA ERHA IRBIANA

Abstract


Abstrak


Penilaian prestasi kerja adalah suatu proses penilaian hasil kerja pegawai berdasarkan pekerjaan yang ditugaskan kepadanya untuk pengembangan kinerja pegawai dan digunakan sebagai administrasi kepegawaian. Penilaian Prestasi Kerja PNS merupakan suatu proses penilaian secara sistematis yang dilakukan oleh pejabat penilai terhadap Sasaran Kerja Pegawai dan Perilaku Kerja PNS. Sasaran Kerja Pegawai (SKP) merupakan rencana kerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS dan dilakukan berdasarkan kurun waktu tertentu. Sasaran kerja pegawai meliputi unsur kuantitas, kualitas, waktu, dan biaya.  Sedangkan, Perilaku kerja merupakan setiap tingkah laku, sikap atau tindakan yang dilakukan oleh seorang PNS yang seharusnya dilakukan atau tidak dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Perilaku kerja meliputi unsur orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, dan kerja sama. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penilaian prestasi kerja PNS dalam menilai hasil kerja PNS khususnya pada Kanreg II Badan Kepegawaian Negara Surabaya.  
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil sampel 45 pegawai dari jumlah populasi sebanyak 181 pegawai, yang difokuskan pada PNS. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Proportinal  Stratified  Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif-kuantitatif. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas penilaian prestasi kerja menurut Cascio (dalam Sutanto, 2012), yaitu Penilai, Keterkaitan, Kepekaan, Keterandalan, Kepraktisan, dan Dapat Diterima.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penilaian prestasi kerja PNS (Pegawai Negeri Sipil) di Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya secara keseluruhan sudah berjalan efektif. Dari pengujian validitas, reliabilitas, dan analisis deskriptif-kuantitatif ditemukan bahwa nilai dari setiap indikator dari efektivitas penilaian prestasi kerja yaitu penilai (81,67 %), keterkaitan (90 %), kepekaan (81,11 %), keterandalan (85,27 %), kepraktisan (77,5 %), dan dapat diterima (76,67 %).   
Kata Kunci: Efektivitas, penilaian prestasi kerja, Pegawai Negeri Sipil (PNS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.