STRATEGI DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO DALAM MENINGKATKAN USAHA BATIK NGUNUT DI DESA NGUNUT KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO

MEGA HARISTANTIKA

Abstract


Abstrak


Hakikat dari suatu pembangunan adalah untuk mensejahterakan rakyat. Pembangunan memiliki konsep di berbagai bidang kehidupan bermasyarakat yang multidimensional dengan bermuara pada kesejahteraan rakyat. Salah satu upaya pemerintah dalam pembedayaan melalui UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Menurut undang- undang nomor 20 tahun 2008. Batik Ngunut merupakan batik yang mempunyai ciri khas dan daya tarik tersendiri, selain itu batik inidikenal oleh masyarakat luar Bojonegoro akan tetapi tidak banyak juga masyarakat Bojonegoro yang mengetahui adanya Batik Ngunut tersebut ,sehingga hal itu menarik peneliti untuk melakukan penelitian serta keingin tahuan peneliti tentang daya tarik yang dimiliki oleh Batik Ngunut tersebut sekaligus strategi yang diterapkan dalam meningkatkan usaha Batik Ngunut oleh pihak-pihak yang terkait sehingga mampu menarik banyak konsumen baik dari Bojonegoro maupun luar pulau Jawa untuk itu peneliti tertarik mengangkat penelitian yang berjudul maka dapat disimpulkan bahwa Dinas Koperasi dan Usaha Mikro mempunyai peranan penting dalam meningkatkan Usaha Batik Ngunut tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  strategi yang dilakukan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro dalam meningkatkan usaha batik Ngunut di Desa Ngunut Kecamatan Dander. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan fokus penelitiannya menggunakan teori pengembangan Rencana Strategis menurut Kementrian UMKM yang meliputi strategi penguatan, strategi pemberdayaan, dan strategi perlindungan dengan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro berusaha keras memaksimalkan kekuatan yang dimiliki berupa peningkatan penataan kelembagaan, permodalan, serta pemasaran bagi usaha untuk mencapai sasaran. Selain itu juga didukung dengan adanya pemberdayaan yang merupakan upaya mempersiapkan masyarakat agar mampu mewujudkan kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan dalam suasana keadilan sosial yang berkelanjutan. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kekurangnya informasi yang berhubungan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, menyebabkan sarana dan prasarana yang mereka miliki juga tidak cepat berkembang. Sehingga peneliti memberikan saran yaitu menambahkan intensitas pelaksanaan pelatihan serta inovasi – inovasi baru terhadap produk batik ngunut sehingga bukan hanya kuantitas operasionalnya tetapi kualitas juga perlu diperhatikan.  
Kata Kunci :  Strategi, UMKM, Batik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.