EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) BIDANG PENDIDIKAN DI DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO

NILA MAYA PUSPITA DEWI, TJITJIK RAHAJU

Abstract


Abstrak

Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan merupakan kebijakan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro yang sudah berjalan sejak tahun 2015 dan berwujud sebagai bantuan dana pendidikan kepada siswa-siswi SMA/SMK/MA Sederajat di Kabupaten Bojonegoro. Dalam hal ini Pemerintah Desa Sumberagung ikut andil dan terlibat secara langsung pengelolaan DAK Bidang Pendidikan di Desa Sumberagung mulai dari tahap pengajuan usulan penerima DAK Bidang Pendidikan di Desa Sumberagung, tahap pengajuan pencairan dana sampai penyaluran dana sesuai jenjang kelas dan profesi orang tua serta pertanggungjawaban dari Pemerintah Desa terhadap penggunaan dana DAK Bidang Pendidikan yang didapat melalui transfer dana dari RKUD ke Rekening Kas Desa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara umum Efektivitas Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan di Desa Sumberagung Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Fokus penelitian ini menggunakan teori menurut Sutrisno yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan komunikasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian Efektivitas Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan di Desa Sumberagung Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro ini belum sepenuhnya efektif. Pada indikator pemahaman program yang didapat oleh sasaran penerima dan Pemerintah Desa sudah cukup jelas dan baik. Dari indikator tepat sasaran ini penerima DAK sudah sesuai dengan pedoman yaitu siswa-siswi SMA/SMK/MA Sederajat, walaupun terjadi kekeliruan data saat pendataan dan sudah dikendalikan dengan usulan revisi ulang. Sedangkan untuk indikator tepat waktu belum sepenuhnya tepat waktu karena terjadi keterlambatan penyaluran dana kepada penerima, terutama bagi kelas XII yang baru mendapatkan dana ketika sudah lulus sekolah. Selain itu indikator tercapainya tujuan program juga masih belum berjalan maksimal karena adanya penyalahgunaan dana dari penerima DAK kelas XII, masih banyaknya anak putus sekolah sebanyak 87 anak dan rendahnya Angka Partisipasi Kasar (APK) pada jenjang SMA/SMK/MA Sederajat sebanyak 23,94%. Pada indikator perubahan nyata dari program ini hanya berpengaruh besar pada orang tua dengan keterbatasan ekonomi rendah karena kondisi pendidikan anak bergantung pada bantuan DAK Bidang Pendidikan.

Kata Kunci: Efektivitas, Pengelolaan, DAK Pendidikan.

Abstract

Special Allocation fund management (DAK) Education is the Governments policy has been running the Bojonegoro Regency since the year 2015 and intangibles to help fund education to students SMA/SMK/MA Equivalent in Bojonegoro. In this case the Government of the village of Sumberagung participate and engage in direct management of DAK Education in Sumberagung Village starting from the stage of the filing of the proposed recipients of DAK Education in the village of Sumberagung, the stage of submission of disbursement to channeling funds according level of class and profession of the parents as well as the accountability of the Government of the village of DAK funds against the use of Education acquired through the transfer of funds from a cash account RKUD village. The purpose of this study was to describe in general the effectiveness of the Special Allocation fund management (DAK) Education in Sumberagung Village Region Dander Subdistrict Bojonegoro. The focus of this research uses theories according to the understanding of the program, namely Sutrisno is right on target, on time, the achievement of business goals, and real change. This type of research is descriptive qualitative approach. The technique of data collection in this study i.e., observation, interviews, and communication. While the analysis techniques used for data reduction, namely the presentation of data and the withdrawal of the conclusion. The results of the research the effectiveness of the Special Allocation fund management (DAK) Education in Sumberagung Village Region Dander sub-district Bojonegoro is not yet fully effective. The indicator on the understanding of the program obtained by the target recipients and the Government the village had enough clear and good. From the indicators right on target this receiver DAK is in compliance with the guidelines, namely the students of SMA/SMK/MA-equivalents, although the failure data while logging and controlled with the proposed revisions. As for the indicators in a timely manner not fully on time due to the delay in the distribution of funds to the recipients, particularly for class XII which get new funds when its graduate school. In addition the indicators of achievement goals of the program are also still not running at maximum because of the misuse of funds from recipients of DAK class XII, still large number of children dropping out of school as much as 87 children and low Participation numbers are Rough (APK) at the level of SMA/SMK/MA Equal as much as 23.94%. On indicators of real change from the program just large influential in the elderly with low economic limitations due to the condition of education relies on the help of DAK education.

Keywords: Effectiveness, Management, DAK Education.









Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.