EFEKTIVITAS PENGELOLAAN RUMAH SUSUN SEDERHANA SEWA (RUSUNAWA) TAMBAK SAWAH DI KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO

HANIFUL ANIF

Abstract


Rumah susun sederhana sewa (RUSUNAWA) Tambak Sawah merupakan program pemerintah untuk mengatasi permasalahan pemukiman terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Rusunawa Tambak Sawah memiliki permasalahan tentang pengelolaan rusunawanya yaitu: 1) mahalnya biaya hidup yang dikeluarkan oleh penghuni, 2) kurang sosialisasinya pengelola terhadap kebijakan yang dikeluarkan pengelola. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah mengukur seberapa efektif pengelolaan rusunawa Tambak Sawah di Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian ini menggunakan indikator dari ruang lingkup pengelolaan rusunawa berdasarkan Permenpera nomor 14 tahun 2007 tentang pengelolaan rumah susun sederhana sewa.


          Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian merupakan penghuni rusunawa Tambak Sawah di Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data digunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh rata-rata nilai yang dihasilkan sebesar 3,77 dan berada pada interval 3,41-4,2 yang mempunyai arti Efektif. Sementara prosentase efektifitas pengelolaan rusunawa Tambak Sawah di Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo mencapai 75%.


          Saran yang diberikan untuk pernyataan yang mendapat nilai terendah, yaitu: 1) Pengelola Rusunawa Tambak Sawah diharapkan lebih inovatif dalam menciptakan usaha-usaha yang dapat dikomersialkan. 2) Pengelola Rusunawa Tambak Sawah mempertimbangkan kembali untuk memperpanjang perjanjian sewa bagi penghuni rusunawa yang perekonomian sudah menengah ke atas. 3) Diharapkan Pemerintah Daerah Sidoarjo sebagai pemegang hak milik Rusunawa Tambak Sawah dapat lebih memperhatikan penghuni Rusunawa Tambak Sawah. Sementara saran yang diberikan untuk indikator yang mendapat nilai terendah, yaitu: 1) Pengelola Rusunawa Tambak Sawah segera menyelesaikan pembangunan mushollah untuk tempat beribadah. 2) Diharapkan pengelola Rusunawa Tambak Sawah segera menindaklanjuti tentang pengajuan proposal penggantian pintu kamar mandi yang keropos ke Dinas PU Cipta Karya Kabupaten Sidoarjo


 


Kata Kunci: Efektivitas, Pengelolaan, Rusunawa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.