Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat Dalam Kegiatan Simpan Pinjam Perempuan Di Desa Kaligede Kecamatan Senori Kabupaten Tuban

NUR AFRIYANI

Abstract


Partisipasi masyarakat dalam pembangunan menempati posisi penting dalam tercapainya tujuan  program-program pembangunan. Tujuan partisipasi masyarakat adalah untuk meningkatkan kemampuan serta tanggungjawab masyarakat dalam pelaksanaan dan pengelolaan program pembangunan. Arti penting dari partisipasi masyarakat dalam pembangunan yakni masyarakat memiliki peran utama yang menentukan pilihan-pilihanya terhadap kebijakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.


 


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui partisipasi masyarakat miskin dalam program PNPM Mandiri Perdesaan melalui kegiatan Simpan Pinjam Perempuan di desa Kaligede kecamatan Senori kabupaten Tuban. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berdada di desa Kaligede kecamatan Senori kabupaten Tuban. Hasil penelitian mendeskripsikan partisipasi perempuan miskin dalam kegiatan Simpan Pinjam Perempuan meliputi tiga faktor yaitu kesempatan untuk berpartisipasi, kemampuan untuk berpartisipasi, dan kemauan untuk berpartisipasi.


Simpulan penelitian bahwa berdasarkan hasil analisis partisipasi masyarakat dalam program PNPM Mandiri Perdesaan melalui kegiatan Simpan Pinjam Perempuan  di desa Kaligede kecamatan Senori kabupaten Tuban komunikasi yang dilakukan oleh pihak terkait belum dapat dilakukan dengan baik, kepercayaan diri perempuan miskin atas kemampuan untuk membuka atau mengembangkan usaha rendah, Kemauan perempuan miskin di desa Kaligede untuk memperbaiki mutu hidup masih rendah. Saran penelitian ini bahwa Komunikasi harus dilakukan lebih baik secara dua arah, ketua TPK harus memberikan dorongan atau motivasi, proses pelaksanaan kegiatan Simpan Pinjam Perempuan harus sesuai dengan SOP, Perempuan miskin di desa Kaligede diharapkan memiliki kesadaran utuk memperbaiki mutu hidup.


 


 


Kata kunci :partisipasi, masyarakat, miskin.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.