EFEKTIVITAS PELAYANAN SAMSAT 86 DI UPTD KANTOR BERSAMA SAMSAT KABUPATEN BANGKALAN MADURA (Studi Kasus di Desa Kokop Kabupaten Bangkalan)

EKA FAIRUZ IZDIHAR, FITROTUN NISWAH

Abstract


Abstrak

Tuntutan masyarakat akan sebuah pelayanan publik yang lebih memudahkan masyarakat serta lebih efektif terus diinginkan oleh masyarakat. Untuk itu Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Bangkalan dalam memberikan pelayanan yang lebih mudah, cepat, dan transparan yaitu menciptakan layanan unggulan yang berada di Pasar Induk Desa Kokop yaitu Samsat 86. Dengan adanya layanan unggulan Samsat 86 ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang Efektivitas Pelayanan Samsat 86 di UPTD Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Bangkalan Madura pada gerai Samsat 86 di Desa Kokop dengan menggunakan enam indikator dari Keputusan MENPAN No. 63 Tahun 2003, yaitu prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, dan yang terakhir kompetensi petugas memberikan pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil sampel sebesar 97 dari jumlah populasi yang berjumlah 2.850 wajib pajak yang ada di gerai Samsat 86. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis statistik dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Pelayanan Samsat 86 di UPTD Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Bangkalan Madura (Studi Kasus di Desa Kokop Kabupaten Bangkalan) dapat dikatakan efektif. Dari pengujian validitas, reliabilitas, dan analisis statistik-deskriptif dihasilkan bahwa penilaian setiap sub-variabel efektivitas pelayanan pada Samsat 86 memperoleh nilai efektivitasnya secara keseluruhan dengan presentase lebih dari 61% yaitu prosedur pelayanan 73,4%, waktu penyelesaian 77,7%, biaya pelayanan 79,2%, produk pelayanan 75,7%, sarana dan prasarana 68,2% dan yang terkahir kompetensi petugas dalam memberikan pelayanan sebesar 78,9% dimana semua dimasukkan kedalam kategori efektif. Saran yang diberikan oleh peniliti dari hasil penelitian ini meliputi, perlunya peningkatan pelayanan terkait dengan kelengkapan fasilitas dan kelayakan fasilitas. Dimana masih terdapat sebagian wajib pajak yang masih berdiri ketika membayarkan pajak kendaraan bermotor (PKB).

Kata Kunci: efektivitas, pelayanan, samsat 86

Abstrack

Community demands for a public service that makes it easier for the community and more effective will continue to be desired by the community. For this reason, the SAMSAT Joint Office in Bangkalan Regency in providing services that are easier, faster and more transparent is to create superior services in the Kokop Village Main Market, Samsat 86. With the presence of superior services Samsat 86 is expected to increase the number of motor vehicle tax receipts (PKB) which will increase Regional Original Income (PAD). This study aims to find out and analyze the effectiveness of Samsat 86 services in the UPTD at the SAMSAT Joint Office in Bangkalan Madura Regency at Samsat 86 outlets in Kokop Village using six indicators from MENPAN Decree No. 63 of 2003, namely service procedures, time of completion, service costs, service products, facilities and infrastructure, and finally the competence of officers providing services. This research is quantitative descriptive. This study took a sample of 97 of the total population of 2,850 taxpayers in Samsat 86 outlets. Data collection techniques used were observation, questionnaires, documentation, and literature studies. Quantitative data analysis techniques using statistical analysis and descriptive analysis. The results showed that the effectiveness of the Samsat 86 Service in the UPTD of the Joint Office of SAMSAT in Bangkalan Madura Regency (Case Study in Kokop Village, Bangkalan Regency) could be said to be effective. From the testing of validity, reliability, and descriptive-statistical analysis, it was found that the assessment of each service effectiveness sub-variable in Samsat 86 obtained overall effectiveness values ​​with a percentage of more than 61%, namely service procedures 73.4%, completion time 77.7%, costs service 79.2%, service products 75.7%, facilities and infrastructure 68.2% and the last is the competency of employees in providing services at 78.9% where all are included in the effective category. Suggestions given by researchers from the results of this study include, the need for improved services related to the completeness of facilities and the feasibility of facilities. Where there are still some taxpayers who still stand when paying motor vehicle tax (PKB).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.