STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) DI BADAN PERIJINAN KABUPATEN BOJONEGORO

JEMBAR MADUSARI

Abstract


Pelayanan perijinan adalah pelayanan kepada masyarakat dan pelaku usaha dibidang perijinan maupun non perijinan. Salah satu fungsi dari Badan Perijinan Kabupaten Bojonegoro sebagai organisasi publik yang melayani perijinan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Dalam pelaksanaannya terdapat permasalahan diantaranya layanan IMB yang kurang optimal, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai perijinan IMB, dan kesadaran masyarakat masih kurang dalam melakukan layanan IMB. Tujuan dari penulisan skripsi ini untuk mendeskripsikan Strategi Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Di Badan Perijinan Kabupaten Bojonegoro.


            Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah strategi dalam meningkatkan kualitas layanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dengan konsep David Osborne dalam Sedarmayanti (2009) antara lain Strategi Inti, Strategi Konsekuensi, Strategi Pelanggan, Strategi Pengawasan, dan Strategi Budaya. Penelitian ini memilih lokasi di Badan Perijinan Kabupaten Bojonegoro. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Badan Perijinan Kabupaten Bojonegoro, Sekretariat, Kepala Bagian Pelayanan Pembangunan dan Umum, Pegawai dan pengguna layanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Badan Perijinan Kabupaten Bojonegoro. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.


            Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Inti yang diterapkan oleh pihak Badan Perijinan Kabupaten Bojonegoro adalah adanya penerapan motto Badan Perijinan Kabupaten Bojonegoro  yaitu 3T (Transparansi, Tanggap, Terpenuhi). Penerapan Strategi Konsekuensi yaitu adanya reward dan punishment. Strategi Pelanggan dengan adanya ruang kantor yang nyaman, dialog publik, website, tempat pengaduan layanan dan pusat informasi,. Sedangkan Strategi Pengawasan dibuktikan dengan adanya diklat, bimbingan teknis, pengawasan dari internal dan eksternal. Dan Strategi Budaya dibuktikan dengan adanya pegawai melayani pelanggan dengan ramah, adanya apel pagi, adanya budaya sosial dan evaluasi kerja tiap tahunnya. Saran yang bisa diberikan pada Badan Perijinan Kabupaten Bojonegoro antara lain perlu adanya media online dan memberikan sosialisasi kepada pelanggan. 


Kata Kunci       : Strategi, Kualitas layanan, Izin Mendirikan Bangunan (IMB)



 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.