STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT IDAMAN MOJOAGUNG KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG

RISKI EDITYA TRI AMININGRUM

Abstract


Pelayanan di bidang kesehatan merupakan salah satu bentuk pelayanan yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karenanya diperlukan strategi dalam suatu organisasi demi meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Alasan perlunya strategi tersebut guna memaksimalkan sumber daya yang ada untuk pencapaian tujuan organisasi secara efisien dan terarah. Pilihan suatu strategi yang baik akan memberikan gambaran untuk mewujudkan tujuan suatu  organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Idaman Mojoagung.


Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Puskesmas Idaman Mojoagung yang beralamat di Jalan Raya Miagan 327 Mojoagung Kabupaten Jombang. Subyek penelitian yang diambil adalah Kepala Puskesmas, Petugas Puskesmas dan pasien. Jenis data yang digunakan adalah data primer diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder di peroleh dari pengolahan data dan observasi. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data dan pada akhirnya dilakukan tahap penarikan kesimpulan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan di Puskesmas Idaman Mojoagung dilihat dari delapan indikator strategi meningkatkan kualitas jasa menurut (Tjiptono, 2007) yaitu, mengidentifikasi determinan utama kualitas pelayanan/jasa, mengelola harapan pelanggan, mengelola bukti (evidence) kualitas pelayanan/jasa, mendidik pelanggan/konsumen tentang pelayanan/jasa, mengembangkan budaya kualitas, menciptakan automating quality, menindaklanjuti pelayanan/jasa, mengembangkan sistem informasi kualitas pelayanan/jasa. Secara keseluruhan, strategi tersebut sudah sesuai dan menunjukkan hasil yang baik. Tetapi terdapat satu indikator terkait mengelola bukti (evidence) kualitas pelayanan/jasa, pada fasilitas ruang tunggu pasien yang kurang banyak, meskipun bukan masalah yang terlalu besar sebaiknya puskesmas menambah jumlah untuk ruang tunggu pasien. Puskesmas Mojoagung terakhir dinobatkan sebagai Tenaga Kesehatan Teladan dan Puskesmas berprestasi tahun 2012, karena dalam melayani pasien, petugas pelayanan kesehatan selalu bersikap baik, ramah, sopan dan tidak ada diskriminasi sehingga pasien merasa puas dan nyaman saat berobat di Puskesmas Idaman Mojoagung.


 


Kata kunci : Strategi, Kualitas pelayanan, Puskesmas Idaman


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.