PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) DIPUSKESMAS PASIRIAN KECAMATAN PASIRIAN KABUPATEN LUMAJANG

RAGIL ARYANDHINI

Abstract


Jaminan kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) merupakan program dari Pemerintah tahun 2008 yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan bagi masyarakat miskin. Masalah yang sering terjadi adalah kurang meratanya pelayanan bagi masyarakat pengguna kartu Jamkesmas di Puskesmas ataupun Rumah Sakit. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengukur persepsi masyarakat pengguna kartu Jamkesmas di Puskesmas Pasirian Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Dalam penelitian ini menggunakan indikator dari Tjiptono tahun 2005 tentang kualitas pelayanan yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, perhatian dan bukti fisik.


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel merupakan pengguna kartu Jamkesmas di Puskesmas Pasirian Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang dengan menggunakan teknik sampling purposives. Teknik pengumpulan data digunakan kuesioner dan dokumentasi.


Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh rata-rata nilai indikator kehandalan sebesar 3,06, indikator daya tanggap sebesar 3,14, indikator jaminan sebesar 3,30, indikator perharian sebesar 3,1 dan indikator bukti fisik sebesar 3,1. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh rata-rata nilai variabel kualitas pelayanan yang dihasilkan sebesar 3,25 dan berada pada kriteria interval 2,51-3,25 yang mempunyai arti Baik. Sedangkan prosentase persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan Jamkesmas di Puskesmas Pasirian Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang mencapai 81,25%. Saran yang diberikan untuk indikator kehandalan yang mendapatkan nilai terendah yaitu: Puskesmas Pasirian diharapkan lebih memperhatikan dan meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat pengguna kartu Jamkesmas karena para karyawan atau petugas di Puskesmas Pasirian memiliki karyawan yang berkompeten dibidangnya masing-masing, harus diimbangi antara kualitas dan kauntitas Puskesmas Pasirian. Jika dilihat dari hasil rata-rata nilai variabel memperoleh 3,25 menempati nilai intereval 2.51-3,25 yang artinya “Baik”  dan sangat mendekati kriteria Sangat Baik yang hanya berbeda 0,01 yaitu menempati nilai interval 3,26-4,00. Maka pihak Puskesmas Pasirian diharapkan lebih memperbaiki kualitas pelayanan kelima indikator yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, perhatian dan bukti fisik agar mendapatkan nilai kualitas pelayanan menjadi “Sangat Baik”.


 


Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Program Jamkesmas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.