PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM ELEKTRONIK RUKUN TETANGGA RUKUN WARGA (e-RT/RW) DI KELURAHAN RUNGKUT MENANGGAL KECAMATAN GUNUNG ANYAR KOTA SURABAYA

STEPHANIE REGINA SETYANINGTYAS

Abstract


Program e-RT/RW Pemerintah Kota Surabaya diarahkan pada dua sasaran yaitu mencerdaskan warga kota dan mempermudah akses masyarakat terhadap pemerintah kota Surabaya. Untuk mencapai sasaran ini pemerintah kota Surabaya memberikan modem secara gratis kepada 9.124 RT dan 1389 RW sehingga total mencapai 10.513. Dengan makin tingginya kesempatan akses internet, diharapkan keterjangkauan masyarakat akan internet semakin merata. Dengan adanya program tersebut masyarakat diharapkan dapat lebih aktif menyampaikan aspirasinya dalam proses pembangunan dan terwujudnya masyarakat Surabaya melek Internet dan bisa menjadi cyber city.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Sumber data diperoleh dari aparat pemda bina program, kecamatan, kelurahan, dan warga dan didukung oleh dokumen-dokumen terkait.Teknik pengumpulan data menggunakan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi.


Hasil penelitian menunjukkan partisipasi masyarakat masih terbatas dalam program e-RT/RW.Masyarakat masih diposisikan sebagai obyek dari program, masyarakat kurang dilibatkan dalam perencanaan program e-RT/RW.Fasilitas yang diberikan pada e-RT/RW sudah memadai tetapi masyarakat masih belum terbiasa dengan penggunaan teknologi internet.Adapun layanan e-RT/RW yang paling banyak diakses warga adalah e-Toko.


Penelitian ini memberikan rekomendasi agar Pemda Bina program agar lebih sering memberikan pelatihan Elektronik Rukun Tetangga Rukun Warga (e-RT/RW) di setiap RW serta melakukan monitoring terhadap kinerja pemanfaatan e-RT/RW dimasyarakat. Selain itu, Para tokoh masyarakat harus dapat mengoptimalkan peranan mereka dengan memberikan informasi kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan secara maksimal fasilitas Elektronik Rukun Tetangga Rukun Warga (e-RT/RW).


 


Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Program e-RT/RW di Kelurahan Rungkut Menanggal Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.