EFEKTIVITAS PELAYANAN GERAKAN TENGOK BAWAH MASALAH KEMISKINAN (GERTAK) DI KABUPATEN TRENGGALEK

RIZKI ROUDLOTUL JANNAH, EVA HANY FANIDA

Abstract


Abstrak

Pelayanan yang memuaskan menjadi salah satu indikator keberhasilan pemerintah dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat, termasuk pelayanan di bidang kesejahteraan sosial. Gerakan Tengok Kebawah Masalah Kemiskinan menjadi salah satu program pelayanan dari Pemerintah Kabupaten Trenggalek untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, pelayanan ini bertujuan untuk melayani dan mengakomodasi keluhan masyararakat miskin dan rentan miskin Kabupaten Trenggalek sehingga akan memudahkan pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan di daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas dari pelayanan GERTAK di Kabupaten Trenggalek. Kelompok sasaran dari penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Trenggalek yang pernah atau sedang menjalani pelayanan di GERTAK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari peneltian ini adalah masyarakat Kabupaten Trenggalek yang pernah dan sedang menjalani pelayanan di GERTAK yang berjumlah 1.849 orang dan sampel yang menjadi target penelitian sejumlah 82 orang dengan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui kuesioner (angket), observasi dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa efektivitas pelayanan GERTAK di Kabupaten Trenggalek berjalan efektif dengan persentase 80,7%. Indikator efektivitas tertinggi terdapat pada sarana dan prasarana dengan persentase 84,4% dan apabila di klasifikasi menurut kelas interval efektivitas masuk pada nilai 81,00%-100% atau sangat efektif. Sedangkan indikator terendah adalah pengelolaan pengaduan pelayanan yang mendapat persentase 72,1% atau efektif. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah selain mempertahankan performa yang baik, tetapi juga lebih menggiatkan sosialisasi secara menyeluruh kepada masyarakat Kabupaten Trenggalek, dibuatkannya skema pelayanan yang ditaruh di titik-titik tertentu di seluruh wilayah kabupaten serta menambah beberapa fasilitas seperti parkir mobil dan AC.

Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan Publik, GERTAK

Abstract

Satisfactory services are one indicator of the success of the government in accommodating the needs of the community, including services in the field of social welfare. Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan (GERTAK) is one of the service programs of the Trenggalek Regency Government to improve the welfare of its people, this service aims to serve and accommodate complaints from the poor and vulnerable poor people of Trenggalek Regency so that it will facilitate the government to alleviate poverty in the region. The purpose of this research is to find out and describe the effectiveness of GERTAK services in Trenggalek Regency. The target group of this research is the people of Trenggalek Regency who have or are currently serving in GERTAK. This research is a descriptive study with a quantitative approach. The population of this research is the people of Trenggalek Regency who have and are currently undergoing services at GERTAK, amounting to 1,849 people and the sample of the research target is 82 people with accidental sampling technique. Data collection techniques used were through questionnaires, observation and interviews. The results of the study stated that the effectiveness of GERTAK services in Trenggalek was effective with a percentage of 80.7%. The highest indicator of effectiveness is found in facilities and infrastructure with a percentage of 84.4% and when classified according to class the effectiveness interval is entered at a value of 81,00% -100% or very effective. While the lowest indicator is the management of service complaints that gets a percentage of 72.1% or effective. The advice given by the researchers is not only to maintain good performance, but also to intensify overall socialization to the people of Trenggalek Regency, to create a service scheme that is placed at certain points throughout the district and to add some facilities such as car parking and air conditioning.

Keywords: Effectiveness, Public Services, GERTAK


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.