EFEKTIVITAS PENERAPAN GOVERNMENT RESOURCES MANAGEMENT SYSTEM DI KANTOR PEMERINTAH KOTA SURABAYA

DHONNY RIZKYAN PERDANA

Abstract


EFEKTIVITAS PENERAPAN GOVERNMENT RESOURCES MANAGEMENT SYSTEM DI KANTOR PEMERINTAH KOTA SURABAYA
Dhonny Rizkiyan Perdana
Eva Hany Fanida, S.AP., M.AP.
ABSTRAK
Program Government Resources Management System merupakan sebuah sistem dari Pemerintah Kota Surabaya yang dapat mengintegrasikan pengelolaan sumber daya pemerintahan dari aktifitas hulu sampai hilir dalam rangka menunjang pengelolaan keuangan daerah. Namun masih terdapat masalah dalam penerapannya, antara lain masalah transparansi data pemenang tender dan data yang disajikan dalam website tidak update. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas penerapan program Government Resources Management System di kantor Pemerintah Kota Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil yang berkantor di lingkungan kantor Pemerintah Kota Surabaya dengan metode pengambilan sampel Proportional Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel 60 orang yang terdiri dari staf sebanyak 29 orang diikuti oleh Tata Usaha, Kepala Sie, Kepala Subbagian dan Kepala Bagian. Untuk teknik pengumpulan data, penulis menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori efektivitas penerapan e-Government oleh Darcy dengan variabel Political Environment, Leadership, Planning, Stakeholder, Transparency/Visibility, Budget, Technology dan Innovation.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penerapan program Government Resources Management System memperoleh nilai 3,95 yang berada pada interval 3,41–4,2 masuk kategori efektif. Sementara prosentase efektivitas penerapan program Government Resources Management System di kantor Pemerintah Kota Surabaya mencapai 79%. Namun berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa kekurangan seperti pada indikator Political Environment, yaitu belum menyeluruhnya sosialisasi dan tidak adanya sponsor internal. Indikator Leadership menunjukkan bahwa iklim politik yang tidak terlalu berpangaruh terhadap penerapan program ini. Selanjutnya indikator Transparency/Visibility juga terdapat masalah yaitu belum banyaknya informasi yang diterima masyarakat. Kemudian dalam indikator Budget ditemukan bahwa tidak adanya sponsor dari pihak lain dalam penerapan program ini.
Saran yang dapat diberikan diberikan yaitu: 1) meningkatkan sosialisasi tentang keinginan Pemerintah Kota Surabaya untuk membangun Government Resources Management System kepada masyarakat 2) Pihak stakeholder harus terus mendukung penerapan program Government Resources Management System 3) Keterbukaan informasi/data tentang seluruh program Government Resources Management System kepada masyarakat 4) menerima bantuan dari pihak luar
Kata Kunci: Efektivitas Program, e-Government, Government Resources Management System


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.