Pengaruh Tunjangan Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi

ERA TAMA SYAI MOQSA

Abstract


Pengaruh Tunjangan Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi
ERA TAMA SYAI MOQSA
Prasetyo Isbandono
Abstrak
Salah satu kebijakan pemerintah yang langsung mempengaruhi mutu pendidikan dengan melaksanakan sertifikasi guru. Guru harus mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat profesi guru. Sertifikasi merupakan sarana atau instrumen untuk meningkatkan kualitas kompetensi guru. Guru harus menyadari apa yang dilakukan melahirkan aktivitas yang benar, bahwa apa yang dilakukan adalah untuk mencapai kualitas. (Musclish, 2007:5) Berdasarkan permasalahan tersebut maka diambil suatu perumusan masalah “Adakah Pengaruh Tunjangan Sertifikasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi?” Kinerja guru merupakan tingkat profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar selama periode tertentu yang diwujudkan melalui kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. (pasal 8 UUGD14/2005)
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 99 guru pegawai negeri sipil yang mengajar Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi. Sampel berjumlah 30 guru yang dipilih menggunakan area probability sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus koefisien alpha. Sedangkan teknik analisis data menggunakan korelasi product moment, uji t dan regresi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Sertifikasi dan Kinerja Guru Dasar Negeri di Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi. Hal ini terbukti dengan hasil koefisien korelasi atau kekuatan pengaruh antara variable (r) sebesar 0,691dengan t hitung 9.819 lebih besar dari t tabel 2,048 yanga artinya Ho ditolak dan Ha diterima,dan R square (R2) sebesar 0,478 yang artinya variabel kinerja guru 47,8% dipengaruhi oleh variabel sertifikasi.
Kata kunci: tunjangan, kinerja guru, pendidikan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.