TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERADAP PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN GRESIK

MUHAMMAD SABILAL FADLI

Abstract


Kepuasan masyarakat merupakan pendapat dari masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Sedangkan akta kelahiran merupakan dokumen akta yang di keluarkan oleh pejabat yang berwenang untuk memberikan perlindungan, pengakuan, penentuan status pribadi dan status hukum atas peristiwa kependudukan yaitu kelahiran, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil merupakan lembaga yang berwenang dalam mengeluarkan akta kelahiran. tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mangetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gresik.


Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, metode pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh dari hasil angket serta observasi selama penelitian berlangsung dan data sekunder yang didapat dari arsip dokumen atau laporang yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gresik.  Analisis data yang dilakukan adalah validitas data, reliabilitas data, pengelolaan data kuisioner, penyusunan hasil dan pembahasan serta membuat simpulan dan  saran berdasarkan hasil penelitian. dengan mengacu pada 8 indikator yang di sampaikan Lovelock dalam Napitupulu dan Paimin (2007) yaitu information, consultation, ordertaking, hospitality, carteking, exception, billing and payment.


Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Gresik sudah baik dengan total nilai sebanyak 2,75. terbukti dengan masing-masing instrumen mendapatkan skor penilaian yang dominan pada kategori baik. Nilai tiap indikatornya adalah sebagai berikut: pada indikator information sebesar 2,75, indikator consultation sebesar 2,83, indikator ordeteking sebesar 2,88, indikator hospitality sebesar 2,9, indikator carteking sebesar 2,56, indikator exeption sebesar 2,76, indikator billing sebesar 2,9 dan indikator payment sebesar 2,43. Dari beberapa aspek tersebut, skor nilai tertinggi adalah 2,9 yaitu pada indikator hospitality dan billing, sedangkan skor nilai terendah adalah 2,43 yaitu pada indikator payment atau aspek fasilitas pembayaran berdasarkan keinginan masyarakat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.