PERAN PARTAI POLITIK DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN POLITIK KEPADA MASYARAKAT DI KABUPATEN GRESIK (Studi Pada Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Gresik)

AYUB BUDI PRAYOGA

Abstract


PERAN PARTAI POLITIK DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN POLITIK


KEPADA MASYARAKAT DI KABUPATEN GRESIK


(Studi Pada Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Gresik)


 


AYUB BUDI PRAYOGA


Tauran, S.Sos., M.Soc. Sc.,


ABSTRAK


Dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang partai politik menyebutkan salah satu fungsi partai politik adalah sebagai sarana pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat luas agar menjadi warga negara Indonesia yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Artinya seluruh partai politik yang ada di Indonesia memiliki kewajiban untuk melakukan pendidikan kepada seluruh lapisan masyarakat, dengan materi-materi yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang partai politik.


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dari Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Gresik dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat di Kabupaten Gresik, serta faktor-faktor pendorong dan penghambat selama melakukan pendidikan politik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Gresik, ketua fraksi PKB DPRD Kabupaten Gresik, dan masyarakat. 


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Gresik memang telah melakukan pendidikan politik kepada masyarakat luas, namun demikian pendidikan politik yang diberikan belum maksimal. Ada beberapa hal yang mempengaruhi pendidikan politik sehingga pendidikan politik yang dilakukan menjadi tidak maksimal. Penelitian ini merekomendasikan perlu adanya perubahan dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, baik perubahan bentuk komunikasi, materi, setting atau tempat pelaksanaan dan metode, guna tercapainya tujuan sebenarnya dari pemberian pendidikan politik kepada masyarakat. 


 


Kata Kunci : Partai Politik, Partai Kebangkitan Bangsa dan Pendidikan Politik



 





Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.