IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) BIDANG KESEHATAN DI DESA PULO KECAMATAN JOMBANG KABUPATEN JOMBANG

EKA PRASTIA PRADIKTA

Abstract


IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH)


 BIDANG KESEHATAN DI DESA PULO KECAMATAN JOMBANG KABUPATEN JOMBANG


 


Eka Prastia Pradikta


Indah Prabawati


ABSTRAK


      Kemiskinan menjadi masalah utama diberbagai negara dan termasuk di Indonesia. Salah satu kebijakan untuk mengurangi kemiskinan adalah pelaksanaan Program Keluarga Harapan. Program PKH ini merupakan program yang dibuat oleh Kementerian Sosial RI yang berlandaskan pada Keputusan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat selaku ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan,   No: 31/KEP/MENKO/-KESRA/IX/2007 tentang “Tim Pengendali Program Keluarga Harapan”. Desa Pulo merupakan salah satu desa yang mempunyai jumlah RTSM yang cukup banyak yakni sejumlah 174 orang dari 927 populasi di Desa Pulo dan adanya jumlah penderita anak kurang gizi yakni sejumlah 10 orang. Hal ini perlu diadakan sebuah kajian yang mendalam tentang pelaksanaan program PKH di Desa Pulo ini mengingat program ini telah berjalan selama kurang lebih 5 (lima) tahun.


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) bidang kesehatan di Desa Pulo Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Fokus dari penelitian ini adalah mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan yaitu struktur birokrasi, sumberdaya, disposisi, dan komunikasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari Pendamping PKH Desa Pulo, Bidan Desa Pulo, dan masyarakat penerima PKH di desa pulo. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


Hasil penelitian ini mendeskripsikan Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) bidang kesehatan di Desa Pulo Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang dapat dilihat dari indikator Komunikasi yang dilakukan oleh pelaksana PKH di desa pulo sudah dilaksanakan dengan baik. Namun, perlu ada peningkatan pada indikator transmisinya. Pada variabel disposisi, sudah bisa dikatakan baik pada pelaksanaannya, diantaranya mengenai insentif pendamping dan komitmen pelaksana. Dari sudut pandang sumber daya, pelaksanaan PKH bidang kesehatan di desa pulo sudah baik. Namun, perlu ada perbaikan mengenai jumlah staf pelaksana masih dirasakan kurang. Struktur Organisasi pada program ini sudah bisa dikatakan baik karena para pelaksana sudah melaksanakan tugasnya sesuai dengan prosedur dan dalam penjabaran tupoksi dalam struktur organisasi sudah jelas. Beberapa hal yang dapat disarankan adalah peningkatan komunikasi, penambahan jumlah staff pendamping.


 


Kata Kunci  : Implementasi, Program Keluarga Harapan, Kesehatan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.