ANALISIS PENGELOLAAN SAMPAH OLEH DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN (DKP) KOTA SURABAYA

WINDA YUNI AISAH

Abstract


ANALISIS PENGELOLAAN SAMPAH OLEH DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN (DKP) KOTA SURABAYA


 


Winda Yuni Aisah


Agus Prastyawan, S.Sos., M.Si


 


 


ABSTRAK


Sampah masih terus menjadi masalah bagi DKP Kota Surabaya, rendahnya kesadaran masyarakat akan pengelolaan sampah dari sumbernya membuat pengelolaan sampah di Kota Surabaya belum maksimal, keterbatasan lahan TPA dan buruknya sistem pengumpulan dan pengangkutan sampah yang kurang hygenis dan belum terpisah antara sampah organik dan anorganik di masyarakat. Untuk itu perlu dianalisis pengelolaan sampah yang dilakukan oleh DKP Kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan sampah oleh DKP Kota Surabaya.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada pengelolaan sampah oleh DKP Kota Surabaya menurut Aboejoewono. Informan yang dijadikan subjek dalam penelitian ini adalah pegawai instansi, kader lingkungan dan masyarakat yang mengelolah sampah. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa DKP Kota Surabaya telah menerapkan pengelolaan sampah kota ideal menurut Aboejoewono, dengan menerapkan kelima indikator sistem pengelolaan sampah kota ideal yang meliputi penerapan teknologi tepat guna dilakukan dengan menerapan teknologi di Surabaya yang ramah lingkungan “zero waste” melalui pemisahan sampah organik dan anorganik, peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah yang dilakukan adalah mengelolah sampah mandiri (rumah tangga) dan daur ulang sampah anorganik, mekanisme keuntungan dalam pengelolaan sampah seperti kegiatan dan program pengelolaan sampah organik dan anorganik berupa kompos rumah tangga dengan Keranjang Takakura dan mendaur ulang sampah menjadi produk daur ulang yang bisa dijual, optimalisasi TPA sampah yang sudah di kelola oleh swasta, dan sistem kelembagaan pengelolaan sampah yang terintegrasi melalui RT/RW dan Kader Lingkungan.


Saran yang diberikan peneliti adalah DKP Kota Surabaya diharapakan lebih mengoptimalkan peran kualitas dan kuantitas kader lingkungan. Selain itu, pengelolaan sampah sebaiknya dimulai di masing-masing rumah tangga dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan melalui daur ulang dan kompos. Diharapkan lebih memotivasi masyarakat untuk mengoptimalkan pemanfaatan sampah, sehingga bisa mendatangkan keuntungan melalui produk-produk daur ulang.


 


 


Kata Kunci : Pengelolaan, Sampah, DKP Kota Surabaya


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.