ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PELAYANAN KARTU KELUARGA DI KECAMATAN GONDANG KABUPATEN MOJOKERTO

NURIL QURRATU AINY

Abstract


ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PELAYANAN KARTU KELUARGA DI KECAMATAN GONDANG KABUPATEN MOJOKERTO


 


Nuril Qurratu Ainy


Dosen Pembimbing Dian Arlupi Utami, S.Sos.,M.AP


 


ABSTRAK 


Pelayanan publik merupakan upaya negara untuk memenuhi kebutuhan dasar dan hak-hak sipil setiap warga negara atas barang, jasa dan pelayanan. Seperti yang diungkapkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan kepada negara untuk memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara demi kesejahteraan, sehingga efektifitas suatu sistem pemerintahan sangat ditentukan oleh baik buruk pelaksanaan pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung pelayanan kartu keluarga di Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto.


Berbagai pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah dari dua kategori, yakni pertama berkaitan dengan pelayanan kebutuhan dasar. Kemudian yang kedua, yang berkaitan dengan pelayanan umum yang terdiri dari pelayanan administrasi, pelayanan barang, pelayanan jasa. Peneliti lebih menfokuskan pada pelayanan administrasi. Penelitian tersebut diambil karena hingga saat ini masih terdapat permasalahan pelayanan administrasi yang masih perlu mendapat perhatian. Salah satunya yaitu masih terdapat keterlambatan dalam memberikan pelayanan Kartu Keluarga (KK) di Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Fokus dalam penelitian adalah analisis faktor-faktor pendukung pelayan publik di Kecamatan Gondang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah aparatur pelaksana pelayanan dan masyarakat penerima layanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan.


Hasil penelitian ini berdasarkan temuan di lapangan yaitu analisis enam faktor pendukung dalam pelayanan Kartu Keluarga (KK) di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto menunjukkan hasil yang baik. Enam faktor tersebut antara lain kesadaran, aturan, organisasi, pendapatan, kemampuan, dan ketrampilan. Hal ini terbukti dari hasil data yang diperoleh dari analisis enam faktor-faktor pendukung pelayanan tersebut menunjukkan bahwa faktor-faktor pendukung pelayanan Kartu Keluarga (KK) saat ini secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik. Namun masih ada beberapa yang belum optimal. Hal ini terjadi karena kurangnya sosialisasi mengenai prosedur dan mekanisme pelayanan, serta kurangnya peningkatan infrastruktur, dan sarana prasarana dalam pembuatan Kartu Keluarga (KK) kepada masyarakat. Sehingga menyebabkan permasalahan tentang kurangnya informasi masyarakat tentang pelayanan Kartu Keluarga (KK).


 


 


Kata kunci: Analisis Pendukung Pelayanan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.