ANALISA KINERJA LALU LINTAS SEGMEN RUAS JALAN URIP SUMOHARJO KOTA SURABAYA

Yhumara Aisya Vyolita, Purwo Mahardi

Abstract


Fungsi dasar transportasi adalah sebagai sarana dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Pergerakan arus lalu lintas Kota Surabaya, tercatat meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan pergerakan berdampak pada timbulnya beberapa permasalahan transportasi. Kemacetan maupun tundaan lalu lintas merupakan beberapa permasalahan yang disebabkan peningkatan arus. Ruas Jalan Urip Sumoharjo, berlokasi di Kecamatan Tegalsari, Wilayah Surabaya Pusat. Area tersebut merupakan pusat perdagangan dan perkantoran yang mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di Surabaya. Ruas Jalan Urip Sumoharjo merupakan jaringan jalan arteri sekunder dan salah satu jalan utama di Wilayah Surabaya Pusat. Parameter kinerja lalu lintas ruas jalan adalah nilai kapasitas aktual beserta rasio antara volume lalu lintas dengan kapasitas atau degree of saturation. Tujuan penelitian merupakan evaluasi kinerja lalu lintas pada Segmen Ruas Jalan Urip Sumoharjo melalui analisa terhadap derajat kejenuhan. Survei yang dilaksanakan berupa pencacahan lalu lintas, kecepatan, dan inventarisasi jalan, dilaksanakan pada hari Senin, Rabu, Kamis, dan Minggu. Periode survei dimulai pada pukul 06.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB. Berdasarkan hasil perhitungan MKJI 1997, Kapasitas (C) lokasi studi adalah 4481 smp/jam dan kecepatan arus bebas kendaraan ringan (FV) adalah 57,91 km/jam. Hasil evaluasi kinerja lalu lintas pada Segmen Ruas Jalan Urip Sumoharjo berdasarkan Indeks Tingkat Pelayanan (ITP) menunjukkan bahwa tingkat pelayanan yang paling buruk adalah kelas F (DS = 1,025) untuk arah pergerakan Jalan Basuki Rahmat – Jalan Darmo. Sedangkan, untuk arah pergerakan Jalan Darmo – Jalan Basuki Rahmat adalah kelas E (DS = 0,953). Klasifikasi tersebut merupakan hasil analisa pada kondisi volume maksimum, Kamis 16 April 2020.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.