ERROR ANALYSIS OF CONJUNCTION USAGE IN STUDENTS’ WRITTEN RECOUNT TEXT

URUF DISEGIO MELYANE

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu penggunaan kata penghubung di dalam tugas menulis milik murid-murid kelas sepuluh sekolah menengah atas. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menemukan kesalahan di dalam penggunaan kata penghubung, menganalisanya dengan cara mengkategorikan kesalahan-kesalahan tersebut sesuai dengan teori Surface Strategy Taxonomy yang diajukan oleh Dulay, dan juga mengkategorikan penyebab kesalahan dengan menggunakan teori yang diajukan oleh Richard. Dasar penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menemukan bahwa diantara empat tipe-tipe kesalahan yang diajukan oleh Dulay, ada dua tipe kesalahan yang muncul di dalam tugas menulis milik murid-murid tersebut, tipe kesalahan itu sebagai berikut; Errors of Omission dan Errors of Addition. Tipe kesalahan Omission (Pemotongan/Penghilangan) merupakan tipe kesalahan yang paling banyak muncul di dalam data, lalu diikuti dengan jenis tipe kesalahan Addition (Penambahan/Pengimbuhan). Kesalahan-kesalahan ini merupakan hasil dari menganalisis kata penghubung yang digunakan dalam komposisi menulis. Langkah selanjutnya yang dilakukan oleh peneliti adalah menemukan penyebab kesalahan. Menggunakan teori tentang penyebab kesalahan yang diajukan oleh Richard, yang sudah dijelaskan di paragraf atas, peneliti mendapatkan data bahwa ada tiga penyebab kesalahan, mereka adalah; Incomplete Application of Rules, Ignorance of Rules Restriction, dan Over-generalization. Kesalahan bertipe pemotongan/penghilangan yang ditemukan di dalam data, kemungkinan besar disebabkan oleh Incomplete Application of Rules. Lalu berikutnya, kesalahan bertipe penambahan terjadi karena Ignorance of Rules Restriction dan juga Over-generalization. Selebihnya, semua tipe kesalahan dan penyebabnya sengaja disajikan oleh peneliti untuk seluruh guru Bahasa Inggris agar lebih memperhatikan dan waspada terhadap bagian sederhana dari Bahasa Inggris di dalam tugas menulis murid-murid mereka ataupun di dalam materi pengajaran mereka sendiri.
Kata Kunci: Kata Penghubung, Menulis teks Recount, Analisis Kesalahan, Sekolah Menengah Atas.

Abstract
This research is conducted to find out the conjunction usage within the students’ writing assignments of tenth graders of senior highschool. The main aim of this research is to find the errors of conjunction usage, anlayze it by putting them into categories of errors proposed by Dulay in Surface Strategy Taxonomy theory, and also categorizing the causes of errors using the theory proposed by Richard. The base of this research is using descriptive qualitative as research design. The researcher found out that among four types of errors proposed by Dulay, there are two types of errors which found in the students’ writing assignments, they are; Errors of Omission and Errors of Addition. The error of omission is the most types of errors which occurred within the students’ writing assignments and then followed by the error of addition. These errors are the result of analyzing conjunction usage in students’ writing composition.The next step taken by the researcher in order to maximize the analyzation of conjunction usage is finding out the cause of errors. Using the theory of possible cause of errors proposed by Richard, which already stated in the paragraph above, the researcher found out that there are three causes of errors, which are; Incomplete Application of Rules, Ignorance of Rules Restriction, and Over-generalization. The errors of Omission found out in the data, is most likely caused by the Incomplete Application of Rules. Next is error of addition, is caused by the Ignorance of Rules Restriction and also Over-generalization. Moreover, all of those types and causes of errors were presented by the researcher for all those English teachers to be more aware about simple part of English Language within their students’ assignments or their teaching materials.
Key Words: Conjunction, Recount text writing, Error Analysis, Senior Highschool

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.