The Teacher’s Activities in Correcting Students’ Error and Mistake in the Composition Class

NURUL ADIBAH

Abstract


Abstrak Murid sering melakukan kesalahan berupa error dan mistake untuk memahami bahasa yang dipelajari. Sebagai reaksi terhadap error dan mistake yang ditemukan di tulisan siswa, guru harus mengetahui tentang itu dan melakukan tindakan. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan aktifitas guru dalam mengidentifikasi, mendiskusikan, dan memperbaiki kesalahan siswa yang berupa error dan mistake di kelas menulis. Penelitian ini merupakan penelitianikualitatifideskriptif. Subyekipenelitianiini adalah seorang guru di sekolah menengah atas di sebuah kota. Peneliti mengumpulkan data dengan caraaobservasi daniwawancara. Dataidari penelitian ini adalah tindakan guru baik verbal dan nonverbal pada proses belajar mengajar dan kata, frasa, dan kalimat yang diucapkan guru pada saat proses wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah aktifitas-aktifitas guru mengajar di kelas dalam mengoreksi error dan mistake yang murid lakukan dan ucapan guru ketika wawancara. Berdasarkanahasiladari penelitian, terbukti bahwa guru melakukan beberapa aktifitas dalam mengidentifikasi kesalahan siswa dengan melakukan kegiatan seperti membaca tulisan siswa, memberikan catatan di error dan mistake yang ditemukan, dan mengelompokkan kesalahan umum yang ditemukan berdasarkan lima komponen writing. Selanjutnya, dalam mendiskusikan kesalahan siswa, guru melakukan aktifitas seperti membahas tentang error dan mistake, memberikan penjelasan, meminta murid untuk mengoreksi kesalahan mereka sendiri dan kesalahan temannya, mereformulasi beberapa kalimat siswa, menulis dipapan, memberikan petunjuk, dan membandingkan beberapa tulisan siswa. Terakhir, dalam memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa, aktifitas yang dilakukan guru adalah memberikan koreksi secara langsung dan metalinguistik, melakukan reformulasi, menjelaskan secara langsung jawaban yang benar dari kesalahan yang dibuat, dan meminta siswa untuk mengoreksi tulisan mereka sendiri. Dari hasil penelitian, terbukti bahwa guru mengambil tindakan dalam mengoreksi kesalahan yang berupa error dan mistake di tulisan siswa. Keywords: Aktifitas guru, error, mistake, tulisan siswa.

Abstract The students often make error or mistake in mastering the target language. In correcting error and mistake that are found on the students’ composition, the teacher needs to know about it and take an action. Thus, this study was conducted to describe the teacher’s activities in identifying, discussing, and revising the students’ error and mistake in the composition class. This research was descriptiveiqualitativearesearch. Themsubject of the study was a Senior High School English Teacher in a city. The researcher collected the data through observation and semi-structured interview. The data of the study are the teacher’s verbal and nonverbal behavior in teaching learning activity and teacher’s words, phrases, and sentences that the she utter during the interview. Theasourceiofidata of this study were the teacher’s activities in the classroom and the teacher’s oral statements during the interview. The result showed that the teacher’s activities in identifying the students’ error and mistake were reading the students’ composition, marking and giving notes on the error and mistake, and classifying the common error and mistake based on five components of writing. Next, in discussing the error and mistake, the teacher’s activities included talking about error and mistake, giving explanation, asking the students to domself-correction and peerwcorrection, reformulating the students’ sentences, writing on the white board, giving clues, and comparing the students’ composition. The teacher also reviewed some material that they have discussed. The last, in revising the students’ error and mistake, the activities done by the teacher were giving direct and metalinguistic feedback on the error and mistake, doing reformulation, explaining directly the correct form of the error and mistake, and asking the writer to correct their own fault. From the result of the study, it was proven that the teacher took some action in correcting error and mistake on the students’ composition. Key words: teacher’s activities, error, mistake, composition


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.