Indonesian Senior High school Students Reading Attitude : In Relation to Comprehension and School Setting

DEBRI GUSNI PRAMITA, SYAFIUL ANAM

Abstract


Abstrak

Salah satu faktor yang mempengaruhi pembelajaran membaca bahasa asing adalah sikap baca siswa. Sikap baca yang baik diketahui memiliki kaitan dengan pencapaian hasil belajar siswa yang tinggi. Lokasi sekolah juga merupakan salah satu faktor berbedanya sikap membaca dan kemampuan siswa dalam memahami sebuah bacaan. Penelitian ini memiliki maksud untuk mencari tahu bagaimana sikap membaca siswa SMA di dua lokasi berbeda serta hubungannya dengan pemahaman baca mereka. Populasi dan sempel penelitian ini yaitu 137 siswa dari dua lokasi berbeda,Surabaya sebagai sekolah kota dan Nganjuk sebagai sekolah desa. Instrumen penelitian ini adalah kuisioner sikap baca dan tes pemahaman baca. Berdasarkan data yang diolah menggunakan One-Way Analysis of variance pada program SPSS 25, diketahui nilai sikap baca siswa yaitu dari 50 sampai 113 dengan total rata-rata 82.43 dan standard deviasi 12.03. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa sikap baca siswa dari kedua sekolah adalah lumayan baik (M = 3.26). Sedangkan hasil perhitungan Pearson Correlation menujukkan bahwa antara sikap baca dan pemahaman baca siswa tidak terdapat hubungan yang signifikan, r(137) = .046. p > .05. Hasil serupa juga ditunjukkan pada perhitungan perbedaan sikap baca pada siswa desa dan kota menggunakan tes Mann-Whitney U. Diketahui bahwa sikap baca siswa kota (Mdn = 3.36) dan desa (Mdn = 3.24) tidak berbeda signifikan, M W-U = 2270, p = .747, r = .029. Oleh karena itu, hasil perhitungan menyimpulkan bahwa lokasi sekolah tidak selalu menentukan baik buruknya sikap atau kemapuan pemahaman baca siswa.

Kata Kunci: Sikap Baca, Pemahaman Baca, Kelas Sebelas, Lokasi Sekolah, Sekolah Kota, Sekolah Desa

Abstract

One factor may affect second language reading is reading attitude. Positive attitudes have been found to be associated with the higher reading achievement of the students. School setting also may lead to the variation of students’ attitude and comprehension toward reading. Therefore, this study tried to investigate high school students’ reading attitude based on the school setting and its correlational with reading comprehension. This study involved 137 eleventh graders students from two different school locations. The instruments used were a reading attitude questionnaire and reading comprehension test. The data were analyzed by using SPSS 25 programs. The actual score of students’ reading attitude indicated from 50 to 113 with a total mean of 82.43 and standard deviation of 12.03. The results found that the reading attitude of eleventh graders senior high school students was fairly good (M = 3.26). While based on the result of Pearson Correlation overall students’ reading attitude and reading comprehension shows no significant relationship, r(137) = .046. p > .05. Similarly, the same result was also found when analyzing the comparison of overall attitude questionnaire score between rural and urban students using Mann-Whitney U-test. It was indicated that the reading attitude was equal for students in urban school (Mdn = 3.36) and students in urban school (Mdn = 3.24), MW-U = 2270, p = .747, r = .029. The findings indicated that school location does not always define good or bad the attitude or the comprehension achievement of the students toward reading.

Key Terms: Reading Attitude, Reading Comprehension, Eleventh Graders, School Setting, Rural School, Urban School


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.