The Use of English Song as the Media to Teach Listening to Tenth Graders in SMA 1 Jombang

AYU PUSPITA SARI

Abstract


Abstrak

Dalam mengajar bahasa Inggris ada empat keterampilan yang harus dikuasai, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Jenis keterampilan yang harus dipelajari dimulai dari mendengarkan. Keterampilan mendengarkan perlu dikuasai agar dapat berkomunikasi. Mendengarkan terdaftar sebagai dua keterampilan yang paling dibutuhkan dalam komunikasi, bersama dengan berbicara. Di Kurikulum 2013, mendengarkan lagu adalah komponen wajib dan dinyatakan dalam kurikulum dan menjadi bahan yang harus diajarkan. Dalam hal ini, peran guru diperlukan untuk membantu siswa dalam mengajar mendengarkan. Lagu bisa dianggap sebagai media. Lagu membuat siswa dapat belajar keterampilan mendengarkan. Selain itu, para siswa lebih terbiasa dengan lagu. Dalam penelitian ini, peneliti mengamati penggunaan lagu sebagai media dalam mengajar mendengarkan siswa kelas sepuluh dengan menggunakan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan beberapa instrumen seperti daftar observasi, pekerjaan siswa dan kuesioner. Berdasarkan hasil, penggunaan lagu sebagai media dalam mengajar mendengarkan siswa kelas sepuluh berhasil. Dapat dilihat bahwa para siswa menikmati kegiatan mendengarkan mereka. Mereka menanggapi pelajaran dengan positif dan antusias dan terlibat dengan mudah dalam seluruh proses pembelajaran. Selain itu, penerapan penggunaan lagu sebagai media dalam mengajar menyimak dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Hampir semua siswa mengatakan bahwa mereka tertarik dan termotivasi dalam belajar mendengarkan lagu ketika melakukan tugas, daripada cara konvensional belajar mendengarkan di kelas. Selain itu, mengajar mendengarkan melalui lagu juga bermanfaat untuk kemampuan mendengarkan siswa. Ini dapat diidentifikasi dalam karya siswa. Peneliti menemukan bahwa siswa lebih mudah menemukan konten dan konteks lagu saat mendengarkan. Apalagi para siswa lebih bersemangat di kelas. Ini bisa dilihat ketika banyak siswa menjadi sangat baik hingga sangat baik untuk pekerjaan mereka. Lebih lanjut, peneliti mengamati bahwa siswa dapat mengidentifikasi dan menjelaskan informasi spesifik tentang makna dan nilai moral dari lagu tersebut, tetapi jawabannya cukup sesuai dengan trek dan melangkah lebih jauh dari makna sebenarnya dari lagu tersebut. Penafsiran siswa tentang lagu dijelaskan dengan baik dan kedalamannya bagus tetapi siswa ini tidak dapat menjelaskan lagu dengan benar.

Kata kunci: Lagu Bahasa Inggris, Pembelajaran Mendengarkan

Abstract

In teaching English there are four skills that should be mastered, those are listening, speaking, reading and writing. The sort of skills to be learned is started from listening. Listening skill needs to be mastered in order to be able to communicate. Listening is listed as the two most required skill in communication, together with speaking. In 2013 Curriculum, listening to the song is an obligatory component and stated in curriculum and become materials that should be taught. In this case, the role of the teacher is needed to assist students in teaching listening. Songs can be regarded as the media. Song makes students able to learn a listening skill. In addition, the students are more familiar with the song. In this study, the researcher observed the use of song as the media in teaching listening to tenth graders by using qualitative research. The researcher used some instruments such as observation checklist, students’ work, and questionnaire. Based on the result, the use of song as the media in teaching listening to tenth graders was successful. It can be seen that the students enjoyed their listening activity. They responded positively and enthusiastically to the lesson and engaged easily in the whole learning process. In addition, the implementation of the use of song as the media in teaching listening could improve the students listening skills. Almost all students said that they were interested and motivated in learning to listen to the song when doing the assignment, rather than the conventional way of learning to listen in the classroom. Besides, teaching listening through songs is also beneficial for the students’ listening ability. This could be identified in the students’ works. The researcher found that the students were easier to find the content and context of the songs while listening. Moreover, students are more excited in the classroom. This could be seen when a lot of the students got excellent to very good for their works. Furthermore, the researcher observed that the students could identify and explain the specific information about the meaning and moral value from the song, but the answers were quite of the track and went further from the real meaning of the song. The student’s interpretation of the song is well explained and the depth was good but this student was not able to explain the song correctly.

Keywords: English Song, Teaching Listening



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.