The Implementation of Lesson Study in English Language Teaching in MAN 1 Mojokerto

FELZA WIRANADYA AGUSTIN, FAHRI

Abstract


Abstrak

Di sekolah-sekolah Indonesia, Bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran paling penting untuk diajarkan di dua tingkat kelas, khususnya di sekolah menengah atas. Sayangnya, mempelajari bahasa Inggris merupakan hal yang tidak mudah karena bahasa Inggris tidak digunakan sebagai bahasa utama dalam komunikasi siswa sehari-hari. Para siswa tentunhya memiliki kemampuan berbeda dalam menguasai bahasa. Dengan demikian, kualitas guru dalam mengajar harus dijaga dengan baik. Lesson study dikenal luas sebagai salah satu teknik terbaik dalam melanjutkan pengembangan profesionalitas guru. Lesson study menawarkan guru strategi untuk menemukan proses belajar-mengajar yang baik melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, observasi, dan refleksi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan lesson study dalam pengajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas sebelas dan apa tanggapan guru terhadap implementasinya. Subjek penelitian ini adalah semua guru Bahasa Inggris yang bergabung dalam lesson study. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif sebagai metode pengumpulan data. Sementara itu, teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Oleh karena itu, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah catatan lapangan dan panduan wawancara. Berdasarkan data, hasil menunjukkan bahwa guru telah menerapkan semua tahap dalam pelajaran pelajaran meskipun tidak sistematis. Selain itu, dari hasil wawancara, dapat diketahui bahwa lesson study bermanfaat bagi guru untuk membantu praktik mengajar mereka di kelas.

Kata kunci: lesson study, pengembangan profesionalitas guru, proses belajar mengajar, pengajaran Bahasa Inggris

Abstract

In Indonesian’s schools, English becomes one of the most important subjects to be taught in two grades level, particularly in senior high school. Unfortunately, learning English is a challenge as English not primarily spoken by Indonesian’s students in their daily communication. The students might have different abilities in mastering the language. By this case, teachers’ quality in teaching must be well maintained. Lesson study is widely known as one of the best technique in continuing professional development. It offers a teacher a strategy to find a good teaching-learning process through three stages namely planning stages, do stages, and see stages. Accordingly, this study aimed to know how the implementation of lesson study in English language teaching for eleventh graders and what are the teachers’ response towards its implementation. The subjects of this study were all of the English teachers joining lesson study. This study using qualitative design as a method for collecting the data. Meanwhile, the data collection techniques were observation and interview. Therefore, the instruments used to collect the data were field notes and interview guide. Based on the data, the result showed that the teachers implemented all the stages in lesson study, even though it is not systematically. Besides, from the interview result, it showed that lesson study is helpful for the teachers to assist their teaching practices in the classroom.

Keywords: lesson study, teacher professional development, teaching and learning process, English language teaching


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.