Principles Underlying Successful EFL Learners’ Oral Fluency

OLIVIA CHRISTA YUTRISTA, AHMAD MUNIR

Abstract


Abstrak

Kemampuan untuk menguasai kefasihan lisan bahasa Inggris melalui Pengajaran Bahasa Inggris telah menjadi perhatian besar di bidang pendidikan, terutama di era modern ini. Hal itu tidak hanya akan mempertahankan suasana komunikatif di kelas Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing, tetapi juga akan mempromosikan kehidupan profesional peserta didik di masa yang akan datang. Oleh karena itu, guru Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing diharapkan mampu menyediakan cara yang lebih efektif untuk meningkatkan kefasihan lisan peserta didik dalam bahasa internasional tersebut. Beberapa penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa setiap keberhasilan besar peserta didik Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing sangat dipengaruhi oleh seperangkat akidah yang membimbing tindakan mereka. Sementara prinsip-prinsip yang melandasi akidah peserta didik dalam pembelajaran bahasa lebih mengontrol tindakan mereka, para peneliti terdahulu tidak menawarkan diskusi mengenai hal tersebut secara mendalam. Sebagai upaya untuk mengisi kesenjangan dan menyajikan jawaban yang lebih komprehensif, penelitian ini dilakukan. Peneliti bekerja sama dengan dua siswa sekolah menengah atas tingkat akhir di Indonesia dengan bahasa Inggris lisan paling fasih di antara peserta didik lain menurut guru bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing mereka. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, kajian dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur yang mendalam perihal prinsip-prinsip yang digunakan oleh dua pelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing yang sukses untuk membimbing mereka dalam kefasihan lisan mereka, alasan mereka dalam mengandalkan prinsip-prinsip tersebut, dan cara prinsip-prinsip tersebut membantu mereka dalam mencapai tujuan mereka. Temuan menunjukkan bahwa kedua peserta didik mempunyai prinsip-prinsip yang pasti yang berkontribusi pada perkembangan kefasihan lisan mereka.

Kata kunci: prinsip, pelajar sukses, pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing, pengajaran bahasa Inggris, kecakapan lisan, kefasihan lisan

Abstract

The ability to master English oral fluency through the English Language Teaching (ELT) has become a huge concern in the field of education, notably in this modern era. Not only will it maintain a communicative atmosphere in EFL classrooms, but it also will promote learners’ professional matters hereafter. Therefore, teachers of English as a Foreign Language (EFL) are expected to provide students more efficacious ways that might boost their oral fluency in that international language. Some previous studies revealed that every massive triumph and success of EFL learners is immensely sustained by a set of beliefs guiding their deeds. Whereas the principles underlying learners’ beliefs in language learning happen to be more control over the actions they execute, former researchers do not profoundly offer such discussions. As a means to fill the gap and provide more comprehensive answers, this study is conducted. The researcher works with two final-year high school students in Indonesia whose spoken English is considered the most fluent among their friends by their EFL teachers. Employing qualitative approach, investigations are done through in-depth partially-structured interviews on the principles used by two successful EFL learners to guide them in their oral fluency, their reasons in relying on those principles, and the ways those principles help them in achieving their goals. The findings show that both learners hold definite principles that contribute to the developments of their oral fluency.

Keywords: principles, successful learners, English as a Foreign Language learning, English Language Teaching, speaking skill, oral fluency


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.