Exploring the Learner Engagement of Indonesia Senior High School Students in EFL Classroom

FERIKA FITRI ANDRIANI

Abstract


Abstrak

Keterlibatan siswa secara signifikan berhubungan dengan hasil akademik siswa, motifasi, penyelesaian tugas, kehadiran di sekolah dan tingkat drop-out. Terlebih lagi, di Indonesia, pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dipandang kurang penting untuk ditinjau dibanding mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi tipe keterlibatan siswa di kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) dan faktor-faktor yang memengaruhi keterlibatan siswa. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif pada siswa kelas sepuluh di salah satu sekolah menengah atas di Mojokerto, Indonesia. Untuk pengumpulan data, enam siswa dipilih berdasarkan rekomendasi dari guru kelas. Data dianalisis melalui beberapa tahap berikut; penataan dan persiapan, seleksi data, interprestasi dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan tiga tipe keterlibatan siswa yang ditunjukkan selama kelas bahasa Inggris. Hampir seluruh partisipan dalam penelitian ini terlibat dalam aktivitas kelas, sedangkan beberapa dari mereka menunjukkan sebaliknya. Karenanya, temuan kedua menunjukkan faktor yang memengaruhi hal tersebut. Implikasi dari temuan ini didiskusikan dengan saran dan penelitian lebih lanjut.

Kata kunci: keterlibatan siswa, bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL).

Abstract

Students engagement significantly related to students academic achievement or academic outcomes, their motivation, task completion, school retention and levels of drop out. Moreover, in Indonesia, English as foreign language considered has less importance to be learned than math and science. Therefore, the aims of this study are to describe what kind of engagement that the students demonstrate in EFL classroom and the factors that influence students engagement in class. This research was conducted qualitatively on tenth graders in one of senior high school in Mojokerto, Indonesia. For the data collection, four students were chosen based on the teacher’s recommendation. The data were analyzed through these steps; organizing and preparing, coding and reducing, interpreting and representing. The result of this study showed three kind of students engagement that the students demonstrated during classroom activities; behavioral engagement, cognitive engagement, and emotional engagement. Most of all participants in this study engaged in classroom activities while some of them sometimes acted disengaged. Therefore, the second finding showed factors that influenced their engagement in classroom. The implications of these findings are discussed together with suggestions and further research.

Keywords: student engagement, English as a foreign language (EFL)



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.