THE INFLUENCE OF MOTIVATION AND LANGUAGE LEARNING STRATEGIES TOWARDS STUDENTS ENGLISH ACHIEVEMENT

DEWI RIZQIANAH

Abstract


Abstrak


Motivasi merupakan salah satu faktor umum perbedaan pelajar dalam pemerolehan bahasa asing. Motivasi adalah kombinasi dari usaha dan keinginan untuk mencapai tujuan belajar sesuatu yang mengarahkan seseorang untuk secara sadar melakukan suatu tindakan (Gardner & Lambert, 1972). Strategi belajar didefinisikan sebagai tindakan tertentu yang digunakan oleh siswa secara sadar untuk memperoleh, menyimpan, mengambil, dan menggunakan informasi pengetahuan bahasa yang mereka terima sebagai tujuan belajar bahasa (Griffiths, 2003).


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis motivasi belajar siswa dan strategi belajar bahasa dan juga untuk menemukan pengaruh motivasi dan strategi belajar bahasa terhadap pencapaian bahasa Inggris siswa di SMK YPM 3 Taman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan desain regresi ganda. Satu set kuesioner dan wawancara digunakan untuk pengumpulan data. Kuesioner ini digunakan untuk mengetahui jenis strategi motivasi dan bahasa-belajar siswa. Wawancara digunakan untuk mendukung hasil kuesioner. Setelah data terkumpul, maka selanjutnya dianalisis dengan menggunakan SPSS 16.0. Setelah menganalisis data, peneliti mendapatkan tiga hasil. Untuk motivasi siswa, hasil penelitian menunjukkan siswa memiliki dukungan yang lebih besar dari motivasi instrumental yang berperan untuk belajar bahasa Inggris termasuk alasan praktik dan akademik. Dalam orientasi integratif, hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar bahasa Inggris sebagai bagian dari budaya penutur asli kurang dalam mempengaruhi motivasi belajar bahasa Inggris siswa. Hasil strategi pembelajaran bahasa mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa menggunakan strategi metakognitif ketika mereka belajar bahasa Inggris. Yang ketiga adalah hasil dari pengaruh strategi motivasi dan belajar bahasa terhadap nilai bahasa Inggris siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasilnya menerima hipotesis nol (H0) dan menolak hipotesis penelitian dan hipotesis alternatif. Tidak ada pengaruh yang signifikan dari kedua variabel (motivasi dan strategi belajar bahasa) terhadap nilai bahasa Inggris siswa. Singkatnya, hanya satu variabel yang secara statistik signifikan mempengaruhi nilai bahasa Inggris dengan F (2, 98) = 21,242, p <0,0005, R2 = 0,550. Hanya variabel motivasi yang secara statistik signifikan mempengaruhi nilai bahasa Inggris siswa, dengan p <.05. Strategi belajar bahasa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pencapaian bahasa Inggris siswa dalam penelitian ini.


Kata Kunci:  Motivasi, strategi belajar, pencapaian bahasa Inggris.


 


Abstract


Motivation is one of general factors of individual learner differences in second or foreign language acquisition. Motivation is a combination of effort and desire to achieve the goal of learning something which leads someone to consciously act (Gardner & Lambert, 1972). Learning strategies are defined as specific actions used by students consciously to acquire, store, retrieve, and use information of language knowledge they have received as the purpose of learning language (Griffiths, 2003). This study aims to find the type of the students’ motivation and the language-learning strategies and also to find the influence of motivation and the language-learning strategies towards the English achievement of vocational students in SMK YPM 3 Taman. This research is a correlational research with multiple regression design. A set of questionnaire and interview were used for data collection. The questionnaire was used to find out the students’ motivation and language-learning strategies types. The interview was used to support the results of the questionnaire. After the data collected, it was further analyzed by using SPSS 16.0. After analyzing the data, the researcher described three results. For the students’ motivation, the results showed the students’ greater support of instrumental motivations for learning the English language including of utilitarian and academic reason. In term of integrative orientation, the results showed evidence that learning English as a part of the culture of native speakers influence less in students’ English language learning motivation. The results of the language-learning strategies revealed that most students used metacognitive strategies when they learn English. The third is the result of the influence of motivation and language-learning strategies toward the students’ English achievement. It shows that the result accepts the null hypothesis and rejects the research hypothesis and alternative hypothesis. There is no significant influence of both variables (motivation and language-learning strategies) toward the students’ English achievement. In short, only one variable statistically significantly influence the English achievement with F(2, 98) = 21.242, p < .0005, R2 = .550. Only motivation variable statistically significantly influences the students’ English achievement, with p < .05. Language-learning strategies is not significantly influence the students’ English scores in present study.


Keywords: Motivation, learning strategies, English achievement



 


 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.