pengembangan media e-book pada materi persebaran flora dan fauna di kelas XI SMA Kartika IV-3 Surabaya

FITRIA NINGSIH

Abstract


Materi pada persebaran flora dan fauna merupakan materi yang berhubungan dengan proses atau kejadian langsung dan juga pada kejadian alam. Penjelasan materi ini tidak hanya cukup dengan demonstrasi, sehingga siswa terkesan merasa bosan saat mendengarkan pelajaran dikelas. Penggunaan media sangat membantu untuk proses belajar mengajar, oleh sebab itu untuk mengatasi hal tersebut digunakan suatu media pembelajaran e-book. Siswa mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran  serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui kelayakan media e-book berdasarkan penilaian validator/ validasi dari ahli media dan ahli materi, (2) Mengetahui kelayakan media berdasarkan respon siswa (3) Mengetahui aktivitas siswa dan guru selama menggunakan media e-book (4) Mengetahui hasil belajar siswa melalui penggunaan media e-book pada materi persebaran flora dan fauna semester 1 di kelas XI SMA Kartika IV-3 Surabaya.


Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Analyze Learner Characteristics, State Standart and Objective, Select Methods, media and materials, Utilize Media and Material, Require Learner Participation, Evaluate (ASSURE) untuk pengembangan media e-book pada materi persebaran flora dan fauna. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 di SMA Kartika IV-3 Surabaya. Istrumen yang digunakan adalah lembar validasi media e-book, lembar aktivitas siswa, hasil belajar siswa, lembar aktivitas guru dan lembar angket respon siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, tes dan dokumentasi.


Hasil penilaian  media e-book ini (1) Berdasarkan penilaian ahli media dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dengan hasil penilaian kelayakan oleh ahli media sebesar 78,6% berdasarkan Skala Likert masuk dalam kategori “ Baik”, menurut ahli materi sebesar 77,3% dan guru geografi sebesar  80%. (2) melalui Uji t independent menunjukkan hasil yang signifikan (0,007) artinya  setelah dilakukan postest di kelas eksperimen dengan menggunakan media e-book  ternyata ada perbedaan hasil belajar dengan nilai postest kelas kontrol yang tidak menggunakan media e-book. Sehingga media e-book yang digunakan berhasil meningkatkan hasil belajar yang baik. Ketuntasan klasikal kelas eksperimen 85,18%, sedangkan kelas kontrol sebesar 59,25%. (3) Hasil respon siswa terhadap media sebesar 84,4%. (4) Aktivitas siswa dalam menggunakan media e-book juga sangat baik. (5) Aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol mendapatkan hasil yang sangat baik.


Kata  Kunci : Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, e-book dan ASSURE.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.