Faktor-Faktor yang Menyebabkan Alih Fungsi Lahan dari Tambak Menjadi Perumahan di Kelurahan Wonorejo Kecamatan Rungkut Kota Surabaya

MUHAMMAD JUNAIDI

Abstract


Abstrak


Kelurahan Wonorejo Kecamatan Rungkut Kota Surabaya dahulu masih banyak lahan yang dipergunakan untuk tambak. Kelurahan ini menarik diteliti karena semakin tahun semakin banyak tambak yang sudah beralih fungsi menjadi perumahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses alih fungsi lahan dari tambak menjadi perumahan serta strategi penghidupan berkelanjutan dari petani tambak yang telah menjual tambaknya ke developer. Penelitian kualitatif fenomenalogi ini perolehan informasinya ditentukan secara triangulasi, data monografi Kelurahan Wonorejo, serta informan kunci dan ahli. Pendekatan analisis yang digunakan adalah proses keruangan, tetapi analisis dalam bahasan skripsi ini terbatas pada motif petani tambak dan developer. Analisis  data diperoleh melalui reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.


Hasil penelitian menjukan bahwa perubahan alih fungsi lahan dari tambak menjadi perumahan berawal pada tahun 2002 yaitu perumahan Bumi Wonorejo Asri kemudian semakin berkembang pesat dengan semakin berdirinya perumahan-perumahan baru yang dulunya berupa tambak di Kelurahan Wonorejo. Faktor yang menyebabkan alih fungsi lahan dari tambak menjadi perumahan yaitu semakin berkurangnya hasil tambak dan motif dari para developer adalah Kelurahan Wonorejo Kecamatan Rungkut Kota Surabaya ini merupakan wilayah pinggiran kota (peri urban) merupakan peralihan dari wilayah kota dan wilayah desa yang memiliki karakteristik dan atribut yang berbeda. Daerah ini secara alami terbentuk karena perkembangan dan rembetan yang terjadi dari Kota Surabaya. Salah satu faktor pengembangan adalah interaksi antar kota inti dengan wilayah peri urban. Semakin besar interaksi yang terjadi maka semakin besar pula perkembangan yang terjadi di wilayah peri urban. Kehidupan dari mantan petani tambak masih menggantungkan hidupnya dengan mengelola tambak yang lain guna mendapatkan penghasilan.


Kata Kunci: Alih Fungsi, pertumbuhan, perkembangan  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.