KAJIAN PERKEMBANGAN KOTA DAN DAYA DUKUNG LAHAN DI KAWASAN WILAYAH KOTA MOJOKERTO

LOVIA HARWIN WARDHANA, SRI MURTINI

Abstract


Abstrak
Kota Mojokerto pada beberapa tahun terakhir ini telah mengalami perkembangan yaitu ditandai dengan peningkatan jumlah penduduk yang disertai dengan pembangunan di segala bidang, tentu akan menyebabkan pusat perkotaan akan semakin padat dan akan mengakibatkan terjadinya masalah lingkungan seperti, perubahan kualitas lingkungan, berkurangnya luas lahan pertanian dan alih fungsi lahan di perkotaan dari yang semula merupakan lahan terbuka menjadi lahan terbangun yang tentu akan berpengaruh terhadap daya dukung lahan pada kawasan tersebut dengan kondisi demikian, kajian perkembangan kota dan daya dukung lahan di kawasan wilayah kota Mojokerto yang meliputi kecamatan Prajurit Kulon, Kecamatan Magersari dan Kecamatan Kranggan akan dikaji untuk lebih lanjut, yang pada penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui daya dukung lahan dan Building Coverage (BC) Kota Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi untuk mendapatakan data-data sekunder yang diperlukan. Adapun teknik analisis data yang dilakukan yaitu meliputi analisis daya dukung lahan dan analisis Building Coverage (BC).
Penelitian yang sudah dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulan bahwa kawasan wilayah Kota Mojokerto dengan jumlah penduduk sebesar 140.161 jiwa dengan kepadatan penduduk 85,111 jiwa/ha memiliki daya dukung lahan sebesar 0,012 ha/jiwa masih terlampau jauh berada dibawah standart ambang batas daya dukung lahan yang telah ditentukan oleh Yeates yaitu 0,073 ha/jiwa. kawasan wilayah Kota Mojokerto yang masih dapat untuk dilakukan pengembangan pembangunan dibeberapa titik lokasi menurut Yeates dan RTRW Kota Mojokerto dengan standart building coverage (BC) adalah 70%. Kecamatan Kranggan yang memiliki building coverage (BC) 77,99% tidak dimungkinkan untuk dilakukannya pengembangan pembangunan mengingat building coverage (BC) sudah melebihi dari standart yang telah ditentukan. Untuk kecamatan Prajurit Kulon dan Kecamatan Magersari yang masing-masing memiliki building coverage (BC) sebesar 37,23% dan 53,91% masih dapat untuk dilakukannya pengembangan pembangunan khususnya bidang fisik.
Kata Kunci : Pengembangan pembangunan, Daya dukung lahan, building coverage (BC)

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.