PENGARUH KEPEMILIKAN LUAS LAHAN PERTANIAN DAN PENDAPATAN PETANI TERHADAP TINGKAT PENDIDIKAN ANAK PETANI DI KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN SIDOARJO

ASMAUL KHUSNUL QULUK, MURTEDJO

Abstract


Abstrak
Pada akhir tahun 2016 penduduk Kecamatan Prambon sebesar 81.541 jiwa yang telah menempuh pendidikannya sampai dengan perguruan tinggi masih minim sekali yaitu sebesar 6%, tingkat pendidikan SD sampai dengan SMP sebanyak 44,77%, lulusan SMA 42,68% dan yang belum tamat SD sebanyak 6,5%. Kecamatan Prambon salah satu dari empat Kecamatan penyumbang terbesar hampir seluruh jenis pertanian di Kabupaten Sidoarjo karena jenis tanah yang subur sehingga penduduk setempat lebih tertarik bidang pertanian. Pemilik lahan pertanian menganggap pendidikan belum tentu membawa keuntungan bagi kondisi perekonomian keluarga. Biaya pendidikan yang mahal bagi para petani untuk enggan menyekolahkan anaknya hingga tingkat pendidikan tinggi dan fasilitas pendidikan rendah jika dibandingkan dengan Kecamatan lain di Kabupaten Sidoarjo.
Jenis penelitian ini deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif, populasinya seluruh petani di Kecamatan Prambon yang memiliki lahan pertanian, memiliki anak pada tingkat pendidikan dan atau telah menamatkan pendidikan pada tingkat tertentu di 20 desa. Sampel yang digunakan adalah random sampling frame dengan jumlah 10 desa kemudian dihitung dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan penentuan responden dengan menggunakan accidental sampling serta data sekunder dari pemerintah Desa dan Kecamatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan Uji Parsial.
Hasil analisis data dengan Uji Regresi Linier bahwa Koefisien regresi variabel pendapatan usaha tani dengan nilai β (Beta) sebesar 0.581, jika pendapatan petani naik satu tingkat maka pendidikan anak petani juga akan naik sebesar 58,1%. Pendapatan petani memiliki nilai p(sig.) = 0,000 < 0,05(α), secara parsial variabel X2 memiliki kontribusi terhadap Y.
Kata Kunci: kepemilikan luas lahan pertanian, pendapatan petani, tingkat pendidikan anak petani

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.