KAJIAN TENTANG KEBERLANGSUNGAN INDUSTRI PENGOLAHAN BATU KAPUR BUKIT JADDIH DI DESA JADDIH KECAMATAN SOCAH KABUPATEN BANGKALAN

MOH.REZA ILHAM, SRI MURTINI

Abstract


Abstrak
Pertambangan bahan galian C yang mulai marak dieksploitasi berada di Bukit Jaddih Desa Parseh Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan Pulau Madura adalah bahan mineral berbasis karbonat yaitu batu kapur (limestone). Kegiatan pertambangan dengan luas lahan areal pertambangan sebesar 94,8 Ha, luas lahan tereksploitasi sebesar 28 Ha. Keberlangsungan pertambangan yang terus menerus akan berakibat pada kekurangan lahan di Bukit Jaddih, sedangkan industri pengolahan batu kapur bahan baku utama berasal dari pertambangan Bukit Jaddih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberlangsungan industri pengolahan batu kapur di Desa Jaddih Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan keruangan. Jenis data yang digunakan data primer dan sekunder. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey, yaitu jenis penelitian dengan sampel dari populasi melalui observasi dengan menggunakan daftar pertanyaan sebagai alat bantu. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel populasi yaitu cara pengambilan data dari seluruh populasi yang ada secara menyeluruh. Sampel penelitian adalah pengusaha yang mengelola industri pengolahan batu kapur berjumlah 80 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi keberlangsungan industri pengolahan batu kapur Bukit Jaddih di Desa Jaddih Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan yaitu modal industri pengolahan yang berpengaruh 50%, bahan baku berpengaruh sebesar 75%, tenaga kerja yang bekerja di industri pengolahan batu kapur 50%, produksi sebesar 57%, dan pemasaran industri pengolahan batu kapur sebesar 85%. Faktor pemasaran paling berpengaruh terhadap keberlangsungan industri pengolahan batu kapur. Saran untuk Pengusaha menghindari kesulitan dalam hal pemasaran yaitu para pengusaha membuat sistem pemasaran model terbaru dan lebih efektif salah satunya dengan cara pemasaran melalui online agar lebih mudah laku secara luas. Serta membuat koperasi yang dikelola oleh pengepul.
Kata Kunci: Industri, Modal, Bahan Baku, Sarana Transportasi, Produksi, Pemasaran

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.