PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENGELOLA “KAMPUNG INGGRIS” KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI (Studi Kasus “Kampung Inggris” Kecamatan Pare Kabupaten Kediri)

BRIAN EKA CANDRA, KUSPRIYANTO

Abstract


Abstrak
Kabupaten Kediri terdapat sebuah wilayah yang dikenal dengan Kampung Inggris yaitu wilayah yang di dalamnya terdapat banyak lembaga kursus Bahasa Inggris. Berawal dari sebuah lembaga kursus yang didirikan oleh Muhammad Kalend Osen atau lebih akrab disapa Mr. Kalend yang bernama Basic English Course (BEC) pada tahun 1997. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi, interaksi, interaksi, koordinasi masyarakat dan aglomerasi usaha dan jasa di Kampung Inggris.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Prosedur pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, sedangakan subyek dalam penelitian ini adalah masyarakat di wilayah Kampung Inggris yang memiliki usaha atau jasa. Obyek dalam penelitian ini adalah interaksi masyarakat, koordinasi antar masyarakat, dan aglomerasi usaha jasa di Kampung Inggris.
Hasil penelitian ini menunjukkan partisipasi masyarakat di Kampung Inggris merupakan faktor utama dalam berkembangnya Kampung Inggris menjadi seperti saat ini. Interaksi yang terjadi di masyarakat tidak hanya terjadi karena terdapat Kampung Inggris namun sudah terjadi sejak desa tersebut belum terkenal sebagai Kampung Inggris. Usaha layanan dalam persebarannya berawal dari sekitar kursus BEC dan menyebar wilayah di sekitar lembaga kursus lain..
Kata kunci: Kampung Inggris, Partisipasi, Interaksi, Masyarakat, Aglomerasi

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.