Potensi dan Strategi Pengembangan Wisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) di Desa Wisata Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto

RISWATI , SRI MURTINI

Abstract


Abstrak
Desa Jembul memiliki pemandangan alam yang indah dan berhawa sejuk. Lokasi Desa Jembul berada di lereng Pegunungan Anjasmoro dengan keindahan alamnya yang masih terjaga. Terdapat beberapa obyek wisata di Desa Jembul antara lain Bumi Perkemahan Pegunungan Semar, Bukit Pelangi, Kolam Renang dan Air Terjun Kabejan. Desa Jembul menawarkan keindahan alamnya yang menawan tetapi obyek wisata ini belum dikenal secara luas oleh masyarakat karena pengunjung masih didominasi dari Kecamatan Jatirejo dan daerah sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat potensi wisata serta menganalisis faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap pengembangan obyek wisata Desa Jembul guna mengetahui strategi pengembangan yang sesuai untuk diterapkan pada obyek wisata Desa Jembul.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di Desa Jembul, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. 100 responden dipilih menggunakan teknik Accidental Sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data tingkat potensi wisata menggunakan skala likert dan analisis strategi pengembangan menggunakan pemasukan data melalui matrik Internal Factor Evaluation (IFE) dan Eksternal Factor Evaluation (EFE) dengan analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat potensi wisata Desa Jembul adalah besar dengan nilai total sebesar 20 dari nilai maksimal sebesar 28. Perhitungan dengan analisis SWOT menunjukkan bahwa obyek wisata Desa Jembul berada pada posisi kuadran II, yaitu strategi diversifikasi yang artinya Desa Wisata Jembul disarankan untuk segera memperbanyak ragam strategi taktisnya. Strategi taktis yang tepat untuk dilakukan di Desa Wisata Jembul adalah dengan penambahan atraksi dan wahana wisata baru, contohnya jembatan gantung diantara dua bukit dengan area spot foto yang menarik, berkebun buah seperti rambutan, durian, alpukat ayunan dari atas bukit dan lain sebagainya.
Kata kunci: Potensi, Wisata Desa Jembul, Pengembangan, SWOT

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.