FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN DI JALAN RAYA ARTERI PACET KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO

DHARWINDA SETIA NOVIKA PUTRI, KUSPRIYANTO

Abstract


Abstrak
Pacet merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Mojokerto yang menjadi destinasi wisata alam paling unggul. Pacet terletak di kaki Gunung Welirang dan Gunung Penanggungan, menjadikan Pacet memiliki permukaan jalan berupa tanjakan, turunan, serta tikungan. Kondisi inilah yang menyebabkan banyak terjadinya kecelakaan di Pacet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas jalan, volume lalu lintas, dan faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di Jalan Arteri Pacet.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian ini adalah empat lokasi yang menjadi tempat kecelakaan tertinggi di Pacet antara lain; ruas jalan Pandanarum, Warugunung, Petak, dan Kemiri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengukuran, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kapasitas jalan di Jalan Arteri Pacet berkategori tinggi yaitu memiliki kapasitas sebesar 2289,33 smp/jam untuk kedua lajur jalan. Volume lalu lintas di Jalan Arteri Pacet berkategori sedang, dengan rata-rata di ruas jalan Pandanarum sebesar 743,81 smp/jam, ruas jalan Warugunung sebesar 716,92 smp/jam, ruas jalan Petak sebesar 723,87 smp/jam, dan ruas jalan Kemiri sebesar 747,96 smp/jam, yang masing-masing tidak melebihi kapasitas jalan. Penyebab kecelakaan pada pagi hari disebabkan oleh volume lalu lintas dengan didukung oleh faktor kondisi lingkungan jalan yang baik, selain itu disebabkan oleh faktor manusia itu sendiri dimana masih banyak pengendara yang memacu kecepatan tinggi, tidak memakai helm dan kurangnya kewaspadaan saat berkendara. Kecelakaan pada malam hari disebabkan oleh kondisi penerangan yang kurang dibeberapa titik jalan.
Kata Kunci: Kapasitas jalan, volume lalu lintas, lingkungan jalan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.