MODEL PARTISIPASI MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI ROLAK TERHADAP PROGRAM GEBLAK (GERAKAN BALIK KANAN) (STUDI KASUS DI KELURAHAN KEBONSARI KEAMATAN JAMBANGAN) KOTA SURABAYA

MUHAMMAD YUSUF ZAIN, BAMBANG SIGIT WIDODO

Abstract


Abstrak
Semakin bertambahnya populasi manusia khususnya daerah perkotaan menyebabkan daerah bantaran sungai dijadikan tempat tinggal yang dapat merusak ekosistem air sungai sehingga perlu adanya penanganan dan kesadaran bagi masyarakat yang tinggal dibantaran sungai supaya mereka sadar tentang pentingnya menjaga DAS(daerah aliran sungai). Di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya memiliki program untuk menjaga teras sungai, masyarakat diharuskan membalikkan rumah yang berada di bantaran sungai agar mereka dapat menjaga kondisi lingkungan dibantaran sungai Surabaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan model partisipasi masyarakat bantaran sungai dalam menjaga lingkungan dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan DAS (Daerah Aliran Sungai).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Teknik analisis data menggunakan snowball sampling. Peneliti mencari data langsung ke lapangan dan mencari data kepada informan kunci dan beberapa warga yang ikut dalam program Geblak tersebut. Peneliti mencari sumber data dari satu informan kemudian dikembangkan dengan mencari data dari informan lain yang merupakan informan kunci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat model partisipasi masyarakat terhadap program pemberdayaan masyarakat bantaran sungai berupa gerakan balik kanan (Geblak), yaitu model partisipasi masyarakat aktif dan partisipasi masyarakat pasif. Partisipasi masyarakat aktif yaitu masyarakat yang ikutserta dan mendukung baik berupa materi, tenaga dan waktu dalam pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat bantaran. Partisipasi masyarakat pasif yaitu masyarakat yang hanya mendukung kegiatan tersebut namun tidak ikut dalam pelaksanaan kegiatan.
Kata Kunci: partisipasi masyarakat, masyarakat bantaran sungai.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.