EVALUASI SUMUR PRODUKSI AIR TANAH DALAM UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR DOMESTIK MASYARAKAT DI DESA SEKARJALAK KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI

Leli Anggraeni Ningrum, Bambang Hariyanto

Abstract


Abstrak
Permasalahan terdapat pada Desa Sekarjalak Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Pertambahan penduduk membuat ketersediaan air menurun, serta meningkat pula kebutuhan sarana dan prasarana, upaya pemerintah untuk mencukupi kebutuhan air bersih pada masyarakat dengan membangun sumur. Program PAMSIMAS di Desa Sekarjalak dapat membantu masyarakat dalam pendistibusian air melalui pembangunan sumur yang telah dibangun. Program PAMSIMAS semakin diminati masyarakat Desa Sekarjalak, untuk itu perlu adanya evaluasi terkait pemanfaatan air bersih untuk pemenuhan kebutuhan domestik. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui kebutuhan air domestik masyarakat di Desa Sekarjalak 2). Mengevalusi produksi air sumur yang digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat di Desa Sekarjalak.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala keluarga dengan sampel 89 responden melalui rumus Slovin dan secara purposive sampling. Wawancara dengan kuesioner dilakukan untuk mengumpulkan data kebutuhan air domestik, dan dokumentasi untuk mengetahui data jumlah penduduk dan ketersediaan air. Kebutuhan air domestik dan hasil evaluasi pemenuhan kebutuhan air dilakukan analisis deskriptif kuantitatif dari data yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan air domestik masyarakat rata-rata sebanyak 61.8 liter per orang tiap hari, jumlah ini jauh melebihi standar SNI untuk daerah perdesaan. Kebutuhan domestik lebih besar dari pada ketersediaan air yang ada, sementara kebutuhan penduduk hanya menggantungkan kepada Air tanah. Masyarakat tidak boleh berlebihan dalam mengambil dan menggunakan Air tanah karena dapat merusak kondisi Air tanah total.
Kata kunci : evaluasi, kebutuhan air domestik, sumur, pamsimas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.