EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KEDELAI (GLYCINE MAXIMUM) DI KECAMATAN GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Inarotudduja Inarotudduja, Muzayanah Muzayanah

Abstract


Kedelai merupakan bahan makanan pokok masyarakat Indonesia yang memiliki produktivitas rendah dengan permintaan tinggi. Sehingga usaha peningkatan produksi kedelai dirasa sangat perlu untuk dilakukan. Kecamatan Gampengrejo menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Kediri yang memiliki tanah subur namun lahan pertaniannya kurang dimanfaatkan untuk pertanian kedelai. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian lahan di Kecamatan Gampengrejo dan pengembangan usaha pertanaman kedelai.
Jenis penelitian ini menggunakan metode spasial. Analisis dilakukan dengan menggunakan teknik matching yaitu dengan mencocokkan serta mengevaluasi data karakteristik lahan dengan kriteria kesesuaian pertanaman. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah jumlah curah hujan tahunan (mm/th), temperatur (°C), kelembaban, tekstur tanah, kemiringan lereng, pH tanah dan C-organik, total N, dan P2O5 .
Hasil analisis data menunjukkan karakteristik lahan di Kecamatan Gampengrejo memiliki sifat tidak jauh beda antara satu tempat dan tempat lain dalam satu wilayah tersebut. Kecamatan Gampengrejo memiliki dua kelas kesesuaian lahan aktual untuk tanaman kedelai, yaitu sesuai marginal (S3) dan tidak sesuai untuk selamanya (N2). Lahan S3 terdapat seluas 148 ha (3.56%) dengan pembatas nitrogen, sedangkan pada lahan N2 terdapat seluas 4.008 ha (96,43%) dengan pembatas tekstur tanah. Kesesuaian lahan N2 merupakan yang paling luas dibanding kesesuaian lahan S3. Wilayah Kecamatan Gampengrejo kurang sesuai untuk pengembangan tanaman kedelai karena memiliki pembatas tekstur tanah yang besar. Lahan pertanian di Kecamatan Gampengrejo lebih baik dimanfaatkan untuk pengembangan tanaman lain atau penggunaan lahan non pertanian.
Kata Kunci: karakteristik lahan, kesesuaian lahan, dan produktivitas pertanian.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.