PERBEDAAN POTENSI PARIWISATA MONUMEN SIMPANG LIMA GUMUL (SLG) DAN GUMUL PARADISE ISLAND (GPI) DI KABUPATEN KEDIRI

Atik Nur Hidayati, Wiwik Sri Utami

Abstract


Kabupaten Kediri merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur-Indonesia. Meninjau Rencana Tata Ruang Wilayah Tahun 2011-2031, Kabupaten Kediri merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki riwayat histori yang bisa diceritakan, lewat objek wisata buatan Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) dan Gumul Paradise Island (GPI) yang berlokasi di Desa Sumberejo Kecamatan Ngasem. Kedua Objek Wisata ini lokasinya berdekatan. Tahun 2012-2017 terjadi perbedaan jumlah pengunjung yang sangat signifikan di keduanya. Kunjungan rata-rata per tahun Monumen SLG adalah 475.763 kunjungan sedangkan GPI sebanyak 122.174 kunjungan. Tujuan penelitian adalah mengetahui perbedaan potensi wisata dan promosi kedua objek wisata.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Sampel berjumlah 120 responden, tersebar di Monumen SLG berjumlah 90 responden dan GPI berjumlah 30 responden. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara kepada responden untuk mengetahui data produk wisata, sumber daya manusia, peruangan, kelembagaan dan promosi. Observasi untuk mengetahui data produk wisata, dan dokumentasi untuk mengetahui data produk wisata. Teknik analisis data menggunakan teknik skoring yang selanjutnya dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Pemberian skor pada penelitian ini menggunakan skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi wisata Monumen SLG lebih besar dari GPI sehingga mengakibatkan jumlah pengunjung SLG lebih tinggi. Rincian potensi tersebut adalah produk wisataSLG lebih menarik daripada GPI, SDM di GPI lebih tinggi daripada Monumen SLG, kelembagaan Monument SLG sama dengan GPI, dan peruangan Monumen SLG lebih baik daripada GPI. Promosi wisata Monumen SLG melalui penyiaran lewat TV, internet, pamflet, brosur, dan koran juga lebih baik dibandingkan GPI yang dilakukan melalui internet, brosur sehingga mengakibatkan jumlah pengunjung Monumen SLG lebih tinggi
Kata Kunci: wisata buatan, potensi wisata, promosi, Simpang Lima Gumul, Gumul Paradise Island

Refbacks

  • There are currently no refbacks.