HUBUNGAN FAKTOR KETERSEDIAAN PANGAN, AKSES PANGAN DAN PEMANFAATAN PANGAN TERHADAP KETAHANAN PANGAN DI PROVINSI JAWA TIMUR (DATA TAHUN 2015-2018)

Lutfiyatul Maqhfiroh, Aida Kurniawati

Abstract


Ketahanan pangan di Provinsi Jawa Timur belum dirasakan secara merata. Data dari Kementerian Pertanian (Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan, 2019) mencatat pada tahun 2018 Jawa Timur memiliki persentase penduduk tahan pangan 70,18%, rawan pangan 22,99% dan sangat rawan pangan 6,83%. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara variabel ketersediaan pangan, akses pangan, pemanfaatan pangan terhadap ketahanan pangan dan besaran pengaruh antar variabel dalam ketahanan pangan.
Model penelitian ini adalah kuantitatif. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder dari Badan Pusat Statistik dan Kementerian Pertanian selama kurun waktu 2015-2018. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah ketersediaan pangan, akses pangan, pemanfaatan pangan dan variabel terikatnya adalah ketahanan pangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi pearson untuk mengetahui hubungan antar variabel bebas dan terikat serta Uji analisa regresi linier untuk mengetahui besaran pengaruh antar variabel bebas dan terikat.
Hasil analisis data menunjukkan 1) adanya hubungan yang signifikan antara variabel ketersediaan pangan terhadap ketahanan pangan dengan nilai 0,369 , Hubungan antara variabel akses pangan terhadap ketahanan pangan berhubungan negatif/terbalik dengan nilai -0,887. Hubungan yang signifikan antara variabel pemanfaatan pangan terhadap ketahanan pangan dengan nilai 0,789. 2) Besarnya variasi pada ketahanan pangan yang dapat dijelaskan oleh variabel ketersediaan pangan sebesar 19,5%. Besarnya variasi pada ketahanan pangan yang dapat dijelaskan oleh variabel akses pangan sebesar 67,1% dan besarnya variasi pada ketahanan pangan yang dapat dijelaskan oleh variabel pemanfaatan pangan sebesar 62,3%.
Kata kunci : ketersediaan pangan, akses pangan, pemanfaatan pangan, ketahanan pangan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.